Find Us On Social Media :

Pidato: Pengertian Menurut Para Ahli, Macam-Macam dan Struktur Teks Pidato

Pengertian dan macam-macam pidato.

GridKids.id -  Kids kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pidato menurut para ahli.
 
Selain itu, kita juga akan membahas macam-macam pidato dan struktur teks pidato.
 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.
Pidato juga merupakan sebuah kegiatan yang cukup sering dilakukan oleh petinggi negara.
 
Di dalam pidato biasanya, seseorang menyampaikan berbagai hal dengan banyak tujuan.
 
Di dalam teks pidato berisikan gagasan, pendapat dan pengetahuan terhadap suatu hal yang nantinya akan disampaikan didepan umum.Adapun GridKids akan membahas mengenai pidato, mulai dari pengertian pidato, tujuan pidato, macam-macam pidato sampai struktur pembuatan teks pidato.

Pengertian Pidato Menurut Para Ahli

1. Emha AbdurrahmanMenurut Emha Abdurrahman, penegertian pidato adalah sebuah kegiatan di depan umum.
 
Pidato dilakukan untuk menyampaikan sebuah pendapat atau uraian.
 
Baca Juga: Metode Pidato Manuskrip: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya
 
2. ArsjadMenurut Arsjad pidato adalah sebuah kegiatan komunikasi. Kegiatan ini dilakukan oleh seseorang dengan sebuah tujuan.
 
Tujuan tersebut antara lain untuk menyampaikan dan menanamkan beragam ide, gagasan dan konsep.Kemudian beberapa tujuan dari pelaksanaan pidato yaitu harus informatif, argumentatif, rekreatif, dan persuasif.

Macam-Macam Pidato

Mulai pidato kenegaraan, pengukuhan, radio, hingga televisi.1. Pidato kenegaraanPidato kenegaraan adalah jenis pidato yang disampaikan atau diucapkan oleh seorang kepala negara. Contohnya: pidato presiden RI di depan DPR/MPR atau pidato resmi kepala negara.2. Pidato pengukuhanPidato pengukuhan adalah jenis pidato yang diucapkan secara tradisional oleh seorang guru besar universitas pada saat diangkat secara resmi.
3. Pidato radio
 
Baca Juga: 10 Contoh Kalimat Persuasif atau Ajakan dalam Teks Pidato Pidato radio adalah jenis pidato yang diucapkan atau disiarkan melalui radio.4. Pidato televisiNah, kalau pidato televisi adalah jenis pidato yang diucapkan atau ditayangkan melalui televisi.Lanjutnya, sebelum melakukan pidato, biasanya orang yang membuat teks pidato akan membuat struktur.Struktur teks pidato terdiri dari tiga bagian, yaitu1. Pembukaan
 
Mulai dari salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur dan pengantar ke topik utama.
 
2. Isi
 
Isi pidato harus memilki gagasan yang akan disampaikan. Susun secara logis, gunakan sumber terpecaya.
 
3. Penutup
 
Bagian penutup yang berisikan kesimpulan dari topik pidato.

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.