Find Us On Social Media :

Mengenal Gerak Tarian Daerah, Kunci Jawaban Materi Kelas 4 Tema 1

(Ilustrasi) berikut beberapa gerak tarian tradisional yang merupakan materi kelas 4 tema 1.

GridKids.id - Apakah kamu tahu gerak tarian tradisional di Indonesia? Hal tersebut merupakan materi kelas 4 tema 1.

Setiap wilayah memiliki gerak tarian tradisional yang berbeda-beda dan mempunyai ciri khas serta makna tersendiri.

Untuk kali ini GridKids.id akan membahas kunci jawaban gerak tarian tradisional di Indonesia.

Kunci jawaban materi kelas 4 tema 1 bisa kamu jadikan refrensi belajar di rumah.

Lantas apa saja gerak tarian tradisional di Indonesia? Yuk, kita cari tahu!

Berikut beberapa gerak tarian tradisional di Indonesia:

1. Tari Gending Sriwijaya

Tarian tradisional di Indonesia yang pertama ialah tari Gending Sriwijaya yang merupakan tarian adat masyarakat Sumatera Selatan.

Tarian ini untuk menyambut tamu kehormatan. Gerakannya menunjukkan sikap masyarakat yang ramah, tulus, dan terbuka terhadap tamu.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Tarian Nusantara? Begini Penjelasannya

Tarian ini dimainkan oleh 9 orang penari wanita yang berbusana adat aesan gede, dan dikawal oleh 2 orang penari lainnya yang membawa payung dan tombak.

Tarian ini juga diiringi penyanyi dan musik pengiring tarian.

Musik pengiring tarian adalah alat musik tradisional Sumatera Selatan, yaitu gamelan Sumatera Selatan dan gong.

Penari paling depan membawa tepak sekapur sirih untuk dipersembahkan kepada tamu agung, diiringi oleh 2 penari yang membawa pridon terbuat dari kuningan.

Lagu pengiring tarian ini diciptakan tahun 1944. Tujuannya, agar generasi muda bangsa Indonesia ingat kalau nenek moyang mereka adalah bangsa yang besar.

2. Tari Hudoq

Tari Hudoq berasal dari Kalimantan Timur dan mencerminkan kebersamaan. Sebab, tari ini dilakukan saat akan memulai masa tanam padi, membersihkan desa, atau saat panen.  

Tarian ini mengandung unsur magis, dipimpin oleh pawang yang menyediakan persembahan pada dewi padi dan Sang Pencipta alam semesta.

Tari Hudoq mencerminkan kebersamaan. Tari ini dilakukan saat akan menanam padi bertujuan untuk meminta kesuburan tanah pada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Pola Lantai Tarian Daerah? Materi Kelas 5 SD Tema 9

Tari Hudoq dilaksanakan saat membersihkan desa, tujuannya memohon kesejahteraan bagi masyarakat desa. Tari yang dilakukan saat panen tujuannya untuk menyampaikan rasa syukur atas panen yang sudah didapatkan. 

Salah satu keunikan tarian ini adalah topeng kayu yang dikenakan penarinya. Kostum yang digunakan terbuat dari daun pisang. 

Gerakan tarian ini antara lain maju sambil menghentak-hentakkan kaki, dilanjutkan dengan gerakan menghentakkan kaki setinggi tumit, serta mengepakkan sayap seakan burung akan terbang. Tarian ini biasanya ditarikan oleh 13 orang penari.

3. Tari Saman

Tari Saman adalah tarian dari suku Aceh Gayo yang mencerminkan kebersamaan dan kekompakan dalam menarikannya.

Tarian ini enggak menggunakan iringan musik dalam penyajiannya, hanya menggunakan suara dari suara tepukan tangan, tepukan dada, serta tepukan pada pangkal paha penarinya. 

Tari Saman biasanya dimainkan oleh puluhan atau belasan penari laki-laki. Untuk mengatur gerakannya, dipilih seorang pemimpin atau syekh, yang juga bertugas menyanyikan lagu-lagu. 

Tari Saman biasa ditampilkan pada berbagai acara, seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pembukaan sebuah festival, dan kunjungan tamu kehormatan.

 

Pertanyaan: Apa itu tarian saman?
Petunjuk: cek halaman 3

 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.