Find Us On Social Media :

Bantu Cegah Kanker dan Jaga Mood, Cukup Konsumsi Tanaman Herbal Ini

Rosemary adalah tanaman herbal asal Mediterania yang sering digunakan untuk menyedapkan masakan.

GridKids.id - Salah satu tanaman herbal mediterania yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia adalah rosemary.

Tanaman herbal yang punya nama latin Rosmarinus officinalis ini punya aroma yang khas dan punya manfaat kesehatan untuk tubuh.

Rosemary sering digunakan untuk menyedapkan masakan, aromaterapi, suplemen, hingga teh herbal.Rosemary juga termasuk ke dalam keluarga mint Lamiaceae seperti tumbuhan oregano, timi, lavender dan kemangi.

Rosemary mengandung zat besi, kalsium dan vitamin B-6 yang memiliki manfaat baik bagi tubuh kita.Ingin tahu apa saja khasiat dari tanaman rosemary? Yuk, cari tahu di sini!

Manfaat Konsumsi Rosemary untuk Kesehatan

1. Dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa aroma dari rosemary ini ternyata dapat meningkatkan konsentrasi kinerja otak, kecepatan, daya ingat dan meningkatkan suasana hati seseorang.

Baca Juga: Bisa Dibudidayakan di Rumah, Begini Cara Menanam Rosemary Dalam Pot

2. Mengurangi Risiko Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak rosemary etanol mentah dapat memeperlambat penyebaran leukimia dan sel karsinoma penyebab kanker.Selain itu, daging yang ditambahkan ekstrak rosemary juga dapat mengurangi risiko pembentukan agen penyebab kanker yang dapat berkembang biak di dalam makanan.3. Antioksidan dan Antiinflamasi

Rosemary juga mengandung antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan dan melancarkan sirkulasi darah.Sebuah studi menunjukkan bahwa rosemary kaya akan antioksidan yang berperan penting sebagai penetral partikel berbahaya.

4. Dapat Menyuburkan RambutMinyak dari ekstrak rosemary ternyata berkhasiat dapat menyuburkan rambut dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak rosemary yang dioleskan langsung ke kulit kepala 2 kali sehari dapat menebalkan dan mendorong pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 7 Asupan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Rambut, dari Yoghurt sampai Oat

5. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Rosemary memiliki kandungan asam karsonik dan sormarinik yang memiliki efek menyerupai hormon insulin.Makanya, tanaman herbal dianggap baik untuk dikonsumsi bagi kamu yang tetap ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

6. Memperbaiki Mood

Dilansir dari alodokter.com, ada beberapa studi yang mengungkap efek rosemary untuk relaksasi, dan memperbaiki suasana hati, meredakan stres dan kecemasan hingga meningkatkan kualitas tidur.

Efek itu bisa didapatkan dengan mengonsumsi teh herbal rosemary dan menghirup aromaterapinya.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Sebuah studi menyebutkan bahwa ekstrak rosemary bisa membantu memelihara kesehatan mata dan bisa membantu mengurangi risiko penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan seperti degenerasi makula.

Kandungan antioksidan asam rosmarinik dalam rosemary bisa mencegah penyakit katarak dan bisa menghambat perkembangan supaya kondisi katarak enggak semakin parah.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mata dan Tulang, Cukup Konsumsi Buah Bertekstur Lembut Ini

8. Meringankan Rasa Nyeri

Minyak esensial rosemary mengandung zat antiradang yang bisa membantu meredakan nyeri.

Zat antiradang ini bisa membantu mengatasi nyeri seperti otot, sendi, dan kram.

Kids, itulah delapan khasiat luar biasa dari tanaman rosemary bagi kesehatan, salah satunya dapat mengurangi risiko kanker.

Ketika mengonsumsi rosemary juga perlu diperhatikan efek tubuhnya karena bisa ada risiko alergi, yang gejalanya seperti gatal-gatal, mata merah, dan gangguan pencernaan.

 

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.