Find Us On Social Media :

Apa yang Dimaksud dengan Inti Bumi? Ini Pengertian dan Ciri-cirinya

(Ilustrasi) Pembahasan mengenai pengertian dan ciri-ciri inti bumi.

GridKids.id - Kids, apa yang dimaksud dengan inti bumi? Apakah kamu tahu di mana letaknya?Kali ini, GridKids akan membahas mengenai pengertian dan ciri-ciri inti bumi yang perlu untuk kamu ketahui.Definisi Inti Bumi:Inti bumi ini adalah lapisan terdalam yang ketebalannya mencapai 3.500 km dan menjadi pusat dari massa Bumi.Hal ini menjadikan inti bumi adalah bagian yang sangat padat.Dengan suhu sangat panas, inti bumi menjadi lapisan bumi yang memiliki suhu paling tinggi jika dibandingkan dengan lapisan yang lainnya.Hal yang harus kamu ketahui, inti bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu,l berupa lapisan bola batu panas. Inti bumi terbagi menjadi dua bagian, yakni inti bumi luar dan inti bumi dalam. Apa perbedaannya?Inti bumi luar: Baca Juga: Penyebab Meteoroid Terbakar saat Masuk Bumi, Materi IPA Kelas 7

Inti bumi luar mempunyai ketebalan berkisar 2.200 kilometer, yang terdiri atas cairan besi dan nikel.

Inti bumi dalam:Inti dalam bumi adalah bola panas dan padat yang terbentuk dari besi. Inti dalam mempunyai radius sekitar 1.220 kilometer, Kids.Berikut ini pembahasan mengenai ciri-ciri inti bumi yang perlu kamu ketahui. Simak ulasannya, yuk!Ciri-ciri Inti Bumi:1. Inti bumi berada 2.900 kilometer di bawah permukaan bumi dan mempunyai radius sekitar 3.485 kilometer (2.165 mil). 2. Inti bumi berbentuk bola padat.3. Inti buni berada di bawah kerak bumi dan mantel Bumi. 4. Panas di inti bumi berasal dari:Peluruhan unsur radioaktif, sisa panas dari pembentukan planet, dan panas yang dilepaskan saat inti luar cair membeku.

Baca Juga: Terbuat dari Apa Kerak Bumi? Berikut Ini Pengertian dan Ciri-cirinya

5. Hampir seluruh bagian inti bumi terbuat dari logam, khususnya besi dan nikel.6. Elemen kunci lainnya di inti bumi adalah belerang yang diperkirakan berjumlah 90 persen.7. Fluktuasi suhu di inti bumi bergantung pada tekanan,rotasibBumi, dan komposisi elemen inti yang bervariasi. 8. Suhu inti bumi, secara umum, sekitar 4.400 derajat Celcius hingga sekitar 6.000 derajat Celcius.Nah, itu tadi, Kids, pembahasan mengenai pengertian dan ciri-ciri inti bumi yang perlu untuk kamu ketahui.Semoga bermanfaat untuk bisa menambah pengetahuan umum kamu, ya!

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.