Find Us On Social Media :

Terbuat dari Apa Kerak Bumi? Berikut Ini Pengertian dan Ciri-cirinya

Pembahasan mengenai pengertian dan ciri-ciri kerak bumi yang perlu untuk diketahui.

GridKids.id -Kids, apa yang kamu ketahui tentang kerak bumi?Kali ini, GridKids akan mengajak kamu mengetahui dan mencari tahu mengenai pengertian dan ciri-ciri kerak bumi.Apa yang dimaksud dengan kerak bumi?Dalam ilmu geologi, kerak bumi merupakan cangkang padat paling luar dari planet berbatu, planet kerdil atau satelit alami. Kerak umumnya berbeda dari mantel bumi yang terdapat unsur-unsur kimia di dalamnya.Kerak bumi juga dapat didefinisikan sebagai lapisan batuan yang paling ringan dan paling apung. Kerak pada suatu benua dapat menutupi 41 persen permukaan Bumi meski seperempatnya berada di bawah air lautan luas.Ya, kerak bumi jadi lapisan terluar planet ini. Kerak bumi mempunyai kedalaman sekitar 40 kilometer atau hanya 1 persen dari massa bumi.Berikut ini pembahasan lengkap mengenai ciri-ciri kerak bumi yang perlu kamu ketahui.Langsung simak ulasan di halaman berikutnya, yuk!Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Apakah Planet juga Berotasi Sama Seperti Bumi?

Ciri-ciri Kerak Bumi:

1. Terdiri atas batuan dan mineralTerbuat dari apa lapisan kerak bumi? Kerak bumi terbuat dari lapisan batuan padat dan sejumlah mineral.2. Ada mantel bumi dibawahnyaDi bawah kerak bumi terdapat mantel bumi, yang sebagian besar penyusunnya juga terdiri atas batuan dan mineral padat.3. Ada litosferLitosfer adalah kerak bumi terluar yang tersusun oleh lempeng-lempeng tektonik. Posisi litosfer terletak di atas batuan terapung yang mudah bergerak.Benar sekali! Kerak bumi di bagian atas mantel adalah bagian dari satu unit geologi, yakni litosfer. 4. Kedalaman litosfer bervariasiBaca Juga: Disebut Mirip Bumi, Inilah 6 Fakta Menarik Mars yang Dijuluki si Planet Merah

Artinya batas antara mantel dan kerak bumi enggak mempunyai kedalaman yang sama, Kids.5. Suhu kerak bumi bervariasi Kerak bagian atas tahan terhadap suhu sekitar atmosfer, sedangkan kerak bumi di bawah memiliki suhu sekitar 200 derajat Celcius hingga 400 derajat Celcius.Nah, itu dia, Kids, pembahasan mengenai pengertian dan ciri-ciri kerak bumi yang perlu untuk kamu ketahui.Selamat belajar dan semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan umum kamu, ya!

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.