Find Us On Social Media :

4 Manfaat Mentega untuk Kesehatan, Baik untuk Pencernaan dan Tulang

Ilustrasi seseorang mengoleskan mentega atau butter pada kue untuk sarapan.

GridKids.id - Ketika kamu makan roti tawar, biasanya kamu akan menambahkan mentega atau margarin sebagai pelengkapnya.

Mentega merupakan salah satu sumber makanan yang berasal dari produk susu dan dibuat dengan mengaduk krim yang diperoleh dari susu.

Mentega atau butter sering dianggap sama dengan margarin, padahal keduanya berbeda bahan pembuatannya.

Jika mentega terbuat dari krim kental dari produk olahan susu, sedangkan margarin terbuat dari minyak nabati.

Mentega sering dibandingkan dengan produk serupanya yang dianggap lebih sehat, yaitu margarin.

Mentega dianggap enggak sehat karena bisa memicu obesitas dan penyakit jantung jika dikonsumsi terus menerus.

Dilansir dari situs Heart Foundation, penggunaan mentega enggak selalu jadi sumber lemak yang buruk untuk tubuh jika memperhatikan porsi mentega yang masuk dalam tubuh.

Karena, sebetulnya porsi atau jumlah lemak yang masuk tubuh haruslah jadi perhatian ketimbang terlalu takut mengonsumsi sesuatu yang dianggap membawa dampak buruk untuk kesehatan ini.

Selanjutnya akan diuraikan manfaat mentega untuk kesehatan tubuhmu. Yuk, langsung simak uraian lebih lanjutnya di bawah ini.

Baca Juga: 6 Makanan Awetan Hewani yang Banyak Dikonsumsi Sehari-hari, Apa Saja?

1. Baik untuk pencernaan

Kandungan asam lemak butirat dalam mentega dibutuhkan tubuh khususnya usus.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa asam butirat memiliki kemampuan melawan kanker.

Selain itu, kandungan ini bisa membantu menjaga permukaan usus tetap sehat sehingga bisa mencegah terjadinya IBS (irritable bowel syndrome).

Kandungan asam lemak butirat juga memiliki fungsi sifat antiradang atau anti-inflamasi yang bisa membantu kerja sistem imun dalam mencegah terjadinya peradangan dalam jaringan tubuh.

2. Sumber vitamin larut lemak

Mentega adalah sumber vitamin larut lemak yaitu A,D,E, dan K yang penting untuk kesehatan mata, sistem saraf, otak, dan tulang.

Kandungan vitamin K, khususnya vitamin K2 masih sering terabaikan padahal memiliki peran yang penting untuk menjaga metabolisme kalsium supaya bisa terserap dengan optimal dalam tubuh.

Jika seseorang kekurangan kandungan vitamin K2 bisa memicu terjadinya penyakit serius termasuk penyakit kardiovaskular, kanker, dan osteoporosis.

Baca Juga: Jangan Salah Lagi, Ini Perbedaan Margarin dan Mentega yang Sering Dianggap Sama

3. Menjaga Kesehatan tulang

Dalam jumlah yang sedang, mentega memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Mentega yang berasal dari susu mengandung kalsium yang sama.

Selain kalsium, mineral lain yang terdapat dalam mentega, antara lain cuprum, zink, selenium, dan mangan, yang penting untuk menjaga dan membentuk kesehatan tulang.

Mineral-mineral itu berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan perbaikan jaringan tulang dalam tubuh.

4. Membantu memperbaiki sel

Kandungan karoten dalam mentega berperan untuk kesehatan tubuh, antara lain mendukung pertumbuhan sel, merangsang perbaikan sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari infeksi, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Itulah beberapa manfaat mentega untuk kesehatan yang mungkin masih banyak enggak diketahui oleh orang-orang yang mengonsumsinya

Namun, tetap perlu mengingat bahwa konsumsi mentega enggak dianjurkan berlebihan karena bisa menjadi penyebab obesitas dan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya. 

Makan sesekali dalam porsi secukupnya enggak akan menimbulkan masalah, jangan lupa perhatikan porsi mentega yang kamu konsumsi, ya, Kids.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.