Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD: Dampak yang Muncul Jika Terjadi Penebangan Secara Liar di Hutan

Dampak yang muncul jika terjadi penebangan secara liar di hutan, materi kelas 6 SD tema 8.

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 ini, kamu akan belajar tentang materi kewajiban warga negara terhadap kelestarian lingkungan.

Namun sebelum itu, bacalah secara saksama isi materinya terlebih dahulu lalu, kerjakanlah contoh soalnya.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap warga negara wajib untuk menjaga kelestarian lingkungan. Lestari adalah kata yang berarti tetap seperti keadaan semula dan enggak berubah. Menjaga kelestarian lingkungan berarti menjaga agar lingkungan tetap seperti keadaan yang semula. Contoh Soal 1. Sebut dan jelaskan apa saja dampak yang muncul jika terjadi penebangan hutan secara liar?

Jawab: 1. Enggak akan ada sumber air lagiBaca Juga: Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 28: Apa Ciri-Ciri Masyarakat Modern?

Pohon sangat dibutuhkan untuk menyerap air hujan dan menyimpannya di dalam tanah.

Air diolah oleh pohon agar dapat menguap dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Jika pohon terus ditebang, maka sumber air di dalam tanah juga akan berkurang yang membuat pasokan oksigen jadi menipis. 2. Akan mengakibatkan bencana Hutan yang habis dibabat secara liar akan mengakibatkan bencana serta berdampak pada manusia. Akibatnya enggak akan lagi ada akar pohon yang menahan air hujan, dan terjadilah banjir yang dapat membahayakan dan merugikan nyawa manusia. Enggak ada pepohonan, longsor juga bisa terjadi pada hutan yang ada di dataran tinggi. 3. Menurunnya kesuburan tanah Saat hujan ditebang secara liar, maka tanah yang dulunya hutan lama kelamaan akan kehilangan kesuburannya.Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 28: Pengertian dan Ciri-Ciri Modernisasi

Hal ini dikarenakan nutrisi tanah yang dibawa oleh air hujan dan enggak dapat diserap oleh akar pohon. Sinar matahari juga akan langsung mengenai tanah dan menyerap kelembapannya hingga membuat tanah jadi kering dan gersang.

Yang pada akhirnya, tanah akan sulit disuburkan kembali dan ditanami pohon. 4. Keanekaragaman hayati terancam Hutan menyimpan banyak sekali keanekaragaman hayati seperti spesies hewan langka dan tumbuhan langka. Jika hutan terus dibabat habis, maka habitat hewan akan terancam.

Sedangkan tumbuhan yang langka akan sulit ditemui dan enggak bisa diteliti lagi. Maka dari itu, sebaiknya kita enggak boleh membabat hutan secara liar dan terus melestarikan lingkungan. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 tentang dampak yang muncul jika terjadi penebangan secara liar di hutan.

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan lestari?
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.