Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Rotasi Bumi dan Mewajibkan Warga Negara Menjaga Kebersihan Lingkungan, Kelas 6 SD

Kunci jawaban rotasi bumi dan mewajibkan warga negara menjaga kebersihan lingkungan, Kelas 6 SD.

GridKids.id - Dalam materi kelas 6 SD, kita telah sampai pada tema 8 tepatnya tentang rotasi bumi dan mewajibkan warga negara menjaga kebersihan lingkungan.

Namun, bacalah secara saksama isi materinya terlebih dahulu sebelum menemukan kunci jawabannya.

Rotasi bumi merupakan gerakan bumi yang berputar pada porosnya dari arah barat ke timur dengan kemiringan 23,5 derajat. Bumi membutuhkan waktu selama 23 jam, 56 menit dan 4 detik untuk berotasi 24 jam. Sementara itu, kewajiban warga negara untuk menjaga kebersihan telah diatur dalam UUD NKRI Tahun 1945 Pasal 31 ayat 1 dan 2. Bunyi pasal 1 adalah "Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan". Sedangkan pasal 2 "Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintahan wajib membiayainya". Contoh Soal

1. Beni memegang senter dan mengarahkannya ke globe (bola dunia). Sedangkan Rio memutar globe tersebut secara perlahan dengan arah berlawanan putaran jarum jam.

a. Apa benda langit yang dilambangkan oleh senter pada percobaan tersebut?Baca Juga: Hak dan Kewajiban yang Dilakukan Pelajar serta Contohnya, Kelas 6 SD

b. Apa gerakan bumi yang ditunjukkan pada percobaan tersebut? c. Apa saja akibat pergerakan bumi tersebut?

d. Jelaskan terjadinya siang dan malam berdasarkan percobaan tersebut! Jawaban: a. Benda langit yang dilambangkan pada matahari. b. Gerakkan bumi ditunjukkan pada rotasi bumi. c. Gerak semu harian matahari, pergantian siang dan malam, dan juga perbedaan waktu di bumi. d. Ketika bumi berputar sesuai dengan porosnya, maka sisi yang terkena matahari sedang menvalami waktu siang hari. Dan sisi yang membelakangi matahari akan mengalami waktu di malam hari. 2. Sampah plastik menjadi salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Kebiasaan kita dalam menggunakan kemasan plastik membuat sampah tersebut semakin lama semakin menumpuk. Untuk mengatasinya, pemerintah melarang penggunaan kantong plastik di minimarket atau tempat-tempat belanja. Namun, masih ada tempat-tempat belanja yang menyediakan kantong plastik berbayar untuk pembelinya. Ada pula yang mengganti kemasan plastik dengan kemasan kertas yang juga dapat menyebabkan munculnya sampah baru. Walaupun demikian, kesadarannya masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik saat ini sudah mulai tinggi. Masyarakat sudah terbiasa membawa tas belanja dari kain yang dapat digunakan berkali-kali ketika berbelanja.

Baca Juga: Contoh Kewajiban Warga Negara dalam Memanfaatkan Lingkungan, Kelas 6 SD

a. Apa kelebihan tas belanja dari kain dibandingkan dengan plastik?

b. Apakah kamu setuju dengan penggunaan kemasan kertas sebagai pengganti kemasan plastik? Jawaban:  a. Tas belanja dari kain dapat digunakan berkali-kali dan juga lebih kuat. b. Setuju karena kemasan kertas lebih mudah hancur dan mudah didaur ulang dibanding kemasan plastik yang enggak dapat terurai dan sulit didaur ulang.

Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8, kunci jawaban rotasi bumi dan mewajibkan warga negara menjaga kebersihan lingkungan.

Pertanyaan: Butuh waktu berapa lamakah bumi berotasi?
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.