Find Us On Social Media :

Mengidentifikasi Teks Bacaan 'Desa Wae Rebo', Kelas 6 SD Tema 8

Mengidentifikasi Teks Bacaan 'Desa Wae Rebo', Kelas 6 SD Tema 8.

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 kali ini kita akan belajar tentang pokok pikiran dalam sebuah bacaan.

Namun sebelum menemukan kunci jawabannya, kamu perlu menyimak isi materinya terlebih dahulu. Pokok pikiran dalam sebuah artikel merupakan inti dari suatu bacaan tentang sebuah topik tertentu. Topik inilah yang akan kita bahas lebih dalam lewat sebuah paragraf penjelas. Maka dari itu, agar kamu dapat mengetahuinya lebih lanjut, yuk, simak isi materinya lalu kerjakanlah soalnya. Desa Wae Rebo adalah salah satu desa di Flores yang terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Desa Wae Rebo berada di barat daya Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Untuk bisa sampai ke desa tersebut memang tidak mudah karena letaknya yang di atas gunung. Perlu tenaga ekstra untuk sampai ke desa tersebut memang tidak mudah karena letaknya yang di atas gunung. Perlu tenaga ekstra untuk sampai ke desa tersebut karena dibutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam dengan berjalan kaki. Namun, perjuangan tersebut terbayarkan dengan keindahan alam di desa tersebut.  Pemandangan alam yang terhampar di Desa Wae Rebo berupa gunung-gunung yang berpadu dengan 7 rumah adat berbentuk kerucut yang memberi kesan tersendiri bagi setiap pengunjung. Rumah adat yang hanya terdiri dari 7 kerucut ini sudah bertahan selama 19 generasi. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Para wisatawan umumnya datang ke desa ini karena rasa penasaran ingin melihat langsung rumah adat yang disebut dengan Mbaru Niang ini.  Rumah adat Mbaru Niang terbuat dari kayu dengan atap yang terbuat dari ilalang yang dianyam. Bentuk dari rumah Mbaru Niang mengerucut ke atas. Ketujuh Mbaru Niang tersebut berkumpul di lahan yang luas dan hijau serta dihiasi oleh bukit-bukit yang indah. Lingkungan di sana juga masih sangat sejuk karena dikelilingi oleh hutan.  Selain terdapat rumah adat yang memiliki daya tarik, kehidupan masyarakat di Desa Wae Rebo juga sangat menarik untuk diketahui. Sebagian besar masyarakat yang hidup di desa tersebut bermata pencaharian sebagai petani. Para perempuan di desa tersebut biasa menenun pakaian. Selain itu, masyarakat di desa tersebut juga berkebun. Hasil perkebunan yang dihasilkan berupa kopi khas Flores yang memiliki rasa yang nikmat. Perpaduan antara keindahan alam dan kearifan lokal yang terdapat di Desa Wae Rebo menjadikan desa ini sebagai situs warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO pada tahun 2012 yang lalu. Baca Juga: Hak dan Kewajiban yang Dilakukan Pelajar serta Contohnya, Kelas 6 SD

Contoh Soal

1. Tulislah judul yang tepat pada teks di atas! Jawab: Judulnya adalah Keindahan Desa Wae Rebo yang Diakui Dunia. 2. Tentukan kata kunci yang terdapat pada teks di atas! Jawab: Kata kuncinya adalah rumah adat Mbaru Niang di Desa Wae Rebo.

3. Tulislah pokok pikiran yang terdapat pada setiap paragraf bacaan di atas! Jawab:Baca Juga: Contoh Kewajiban Warga Negara dalam Memanfaatkan Lingkungan, Kelas 6 SD

Paragraf 1: Desa Wae Rebo merupakan salah satu desa di Flores yang terletak di ketinggian 1,200 meter di atas permukaan laut. Paragraf 2: Para wisatawan umumnya datang ke desa Wae Rebo karena rasa penasaran ingin melihat langsung rumah adat yang disebut Mbaru Niang. Paragraf 3: Rumah adat Mbaru Niang terbuat dari kayu dengan atap yang terbuat dari ilalang. Paragraf 4: Perpaduan antara keindahan alam dan kearifan lokal desa ini menjadikannya sebagai situs warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO pada 2012 lalu. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 tentang pokok pikiran dalam sebuah teks bacaan.

Pertanyaan: Terletak di manakah Desa Wae Rebo?
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.