Find Us On Social Media :

Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel 'Deforestasi Hutan Indonesia', Kelas 6 SD

Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel 'Deforestasi Hutan Indonesia', Kelas 6 SD Tema 8.

GridKids.id - Dalam materi tematik kelas 6 SD tema 8 kali ini kita akan membahas tentang pelajaran Bahasa Indonesia.

Tepatnya adalah gagasan utama atau kalimat utama dalah sebuah bacaan. Sebelum mengerjakan soalnya, ada baiknya jika kamu memahami isi materinya seperti berikut ini. Saat membaca sebuah artikel atau bacaan, kamu perlu mengetahui gagasan utamanya agar bisa lebih memahami isinya. Enggak hanya gagasan utama, ada pun gagasan penjelas atau gagasan pendukung. Gagasan penjelas berfungsi untuk menjelaskan gagasan utama agar dapat berkembang jadi sebuah paragraf. Jika dalam sebuah paragraf dilengkapi dengan gagasan utama dan gagasan pendukung, maka kita jadi lebih mudah untuk memahami isi dari informasi dalam bacaan tersebut. Agar kamu dapat memahami isi maternya, yuk  kita simak contoh dari teks bacaan berikut lalu kerjakan soalnya! Di era modern seperti sekarang, ketidakseimbangan dalam kehidupan marak terjadi. Seperti contohnya deforestasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan penghijauan, sehingga nampak seperti pohon-pohon betonlah yang seolah tumbuh lebih subur daripada pohon hijau penghasil oksigen penunjang kebutuhan makhluk hidup. Deforestasi juga merupakan faktor utama terkikisnya luas hutan yang ada di Indonesia. Hutan lindung, hutan hujan tropis, dan hutan-hutan yang lain, kini disulap menjadi deretan gedung-gedung megah dan pabrik-pabrik penghasil jutaan ton limbah serta polusi. Belum lagi maraknya illegal logging dan penebangan liar yang secara langsung berdampak pada tumbangnya pepohonan yang merupakan paru-paru dunia.

Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 8 : Kondisi Geografis dan Sosial Budaya Vietnam

Menurut data dari Dirjen Planologi Kehutanan tahun 2011, lebih dari 800 ribu hektar deforestasi melanda hutan Indonesia pada periode 2009-2010. Jika masyarakat tidak peduli akan hal itu, maka deforestasi akan terus menjadi momok bagi keberlangsungan ekosistem yang berada di dalam hutan. Tak heran, jika banyak media memberitakan satwa-satwa liar “menyerang” permukiman warga, karena berkurangnya suplai makanan alami akibat semakin terkikisnya luas hutan.

Contoh Soal 1. Jelaskanlah apa gagasan utama dalam paragraf pertama dan kedua! 2. Apa yang kamu dapatkan dari isi teks tersebut? Jelaskan! Jawab: - Paragraf pertama: Ketidakseimbangan marak terjadi di dalam era modern seperti saat ini.- Paragraf kedua: Menurut data dari Dirjen Planologi Kehutanan tahun 2011, ada lebih dari 800 ribu hektar deforestasi yang melanda hutan di Indonesia di periode 2009-2010.Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Interval Nada, Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 8

2. - Defortasi dapat menjadi faktor utama terkikisnya hutan di Indonesia. - Makin marak ilegal logging yang berdampak pada tumbangnya pepohononanya yang menjadi paru-paru dunia.

- Terdapat lebih dari 800 tibu hektar deforestasi pada periode 2009-2010. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 yaitu mencari setiap gagasan utama dan informasi di dalam sebuah bacaan.

Pertanyaan: Apa fungsi dari gagasan penjelas?
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.