Find Us On Social Media :

Apa Saja Keunikan yang Dimiliki oleh Negara Malaysia? Kelas 6 SD

Karakteristik Negara Malaysia yang Berbeda dengan Negara Lain di Kawasan Asia Tenggara, Kelas 6 SD Tema 8.

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 8.

Kamu akan belajar tentang karakteristik negara-negara di Asia Tenggara. Negara di Asia Tenggara memiliki karakteristik berupa dataran rendah yang luas serta sungainya yang besar. Sedangkan iklimnya, beriklim tropis karena letaknya di khatulistiwa dan berada di wilayah jalur Pengunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Agar kamu dapat mengetahuinya lebih lanjut, bacalah teks non fiksi berikut ini lalu kerjakan soalnya. Contoh Soal 1. Apa yang kamu tahu tentang negara ASEAN? 2. Apa saja persamaan negara-negara anggota ASEAN? 3. Apa yang membedakan negara Malaysia dengan negara kepulauan lain di Asia Tenggara?Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Interval Nada, Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 8

4. Apa saja keunikan yang dimiliki oleh negara Malaysia?

Jawab: 1. ASEAN merupakan organisasi yang dibentuk oleh negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini dibentuk karena adanya kesamaan wilayah, tujuan dan nasib yang ingin dicapai bersama dan juga bisa menyejahterakan penduduknya. 2. - Negara-negara di ASEAN memiliki wilayah yang cocok untuk bertanam sehingga banyak yang menghasilkan produk pertanian. - Negara di ASEAN umumnya terdiri dari negara kepulauan atau memiliki wilayah laut sehingga akan mencukupi kebutuhan di dalam atau luar negeri. - Negara di ASEAN berada di kawasan pertemuan lempeng-lempeng tektonik dan banyak aktivitas seismik serta aktivitas gunung berapi yang aktif 3. - banyak negara yang memiliki bentuk pemerintahan demokrasi, tetapi Malaysia memiliki pemerintahan yang monarki konstitusional. - Memiliki kenampakan alam seperti gungjng berlumut, gunung lerek, gunung tahan dan gunung besar.Baca Juga: Tiga Gerakan Bulan: Rotasi Bulan, Revolusi Bulan dan Gerakan Bulan

- Memiliki banyak penduduk dengan ras Melayu dan Tionghoa. 4. - Wilayah Malaysia terpisa jadi dua yaitu di Semenanjung Malaysia dam Pulau Kalimantan.

- Memiliki pemerintahan monarki konstitusional dan termasuk sebagai negara Persemakmuran Inggris. - Menjadi tempat beridirnya kesultanan tertua di dunia yaitu Kesultananan Kedah sejak 1136.

- Memiliki ikon negara yaitu Menara Petronas. - Memiliki jembatan terpanjang di Asia ketiga yaitu Jembatan Penang dengan panjang 13,5 meter. Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 yang membahas tentang karakteristik negara-negara di Asia Tenggara termasuk Malaysia.

Pertanyaan: Apa keunikan dari negara Malaysia?
Petunjuk: Cek di halaman 3

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.