Find Us On Social Media :

Mengenal Benua Asia serta Karakteristiknya, Apa Saja?

(Ilustrasi) Karakteristik Benua Asia

GridKids.id - Kali ini GridKids akan membahas tentang karakteristik Benua Asia. Benua Asia memiliki populasi penduduk yang sangat tinggi dan juga bentang alam yang beragam. Enggak hanya itu saja, benua juga memiliki keajaiban dunia seperti Taj Mahal, Borobudur, Tembok Raksasa hingga Ka'bah.

Benua Asia memiliki bentang alam yang beragam Benua Asia merupakan tempat di mana bertemuny dua jalur pegunungan yaitu Sirkum Pasifik, Mediterania dan beberapa bagian seperti pegunungan lipatan muda, plato tua, dataran rendah, limbah sungai dan gurun.

Benua Asia dibagi menjadi lima bagian wilayah fisik utama yang meliputi dataran tinggi, stepa dan gurun, lingkungan air tawar, dan lingkungan air asin. Hal ini membuat benua Asia jadi sangat kaya karena berbagai jenis bentang alamnya. Keberagaman ini memunculkan banyaknya flora dan fauna yang tersebar di berbagai wilayah di Asia. Jadi benua terluas di duniaBaca Juga: Mengenal Kawasan dan Negara yang Termasuk Asia Selatan, Mana Saja?

Benua Asia menjadi benua terluas di dunia yang mana benua ini mencapai seperempat wilayah daratan dunia. Luasnya mencapai 44,58 juta kilometer persegi. Bejua Asia dibagi jadi enam wilayah yaitu Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Memiliki populasi penduduk yang tinggi Di tahun 2018, penduduk di Benua Asia mencapai 4.561 miliar. Penduduk dk asia yang memiliki populasi penduduk tertinggi adalah di negara Indonesia, Cina, India, Pakistan, Bangladesh dan Jepang. Berikut adalah beberapa karakteristik Benua Asia, yakni: 1. Memiliki gurun pasir yang luas. 2. Jadi benua penghasil minyak bumi terbesar di dunia tepatnya di Arab Saudi. 3. Merupakan benua yang sering mengalami gempa bumi.Baca Juga: Bukan Tanpa Alasan, Ternyata Ini 4 Alasan Negara di Kawasan Asia Mengganti Nama Aslinya

4. Memiliki keajaiban dunia yang tersebar di berbagai negara. Memiliki dataran tinggi dan gunung tertinggi di dunia

Benua Asia dikenal memiliki dataran tinggi dan gunung tertinggi di dunia seperti Gunung Everest di Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Benua Asia juga memiliki laut terluas di dunia seperti Laut Cina Selatan. Nah, itu dia pembahasan dan penjelasan tentang Benua Asia yang meliputi karakteristiknya.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.