Find Us On Social Media :

Perdagangan Internasional: Manfaat, Dampak Positif dan Negatifnya

Perdagangan internasional, manfaat serta dampaknya.

GridKids.id - Kali ini GridKids akan membahas tentang perdagangan internasional yang mana merupakan kegiatan pertukaran barang atau jasa antarnegara.

Kegiatan perdagangan internasional ini mencakup ekspor dan impor. Ekspor adalah menjual barang/jasa ke luar negeri. Sedangkan impor merupakan kegiatan membeli barang/jasa dari luar negeri. Perdagangan internasional ini membawa manfaat serta dampak positif dan negatif yang membantu kegiatan perekonomian negara. Manfaat perdagangan internasional Perdagangan internasional terjadi karena enggak ada satu negara di dunia yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat atau negeranya sendiri.

Untuk itu, demi memenuhi kebutuhannya, negara melakukan kegiatan ekspor dan impor di dalam perdagangan internasional. 1. Memperoleh komoditas yang tak tersedia di dalam negeri Perdagangan internasional membantu sebuah negara memenuhi kebutuhannya, terutama komoditas yang tak tersedia di dalam negeri. 2. Untuk mendapat keuntunganBaca Juga: Pembagian Wilayah Laut Indonesia Berdasarkan Konvensi Hukum Laut Internasional

Negara yang melakukan kegiatan perdagangan yang memperoleh keuntungan finansial contohnya seperti pendapatan ekspor barang/jasa. 3. Menjual teknologi yang belum dimiliki negara lain

Selain mendapat keuntungan, perdagangan internasional, hal ini bermanfaat untuk menjual teknologi yang belum dimiliki negara lain.

Contohnya seperti negara yang memproduksi handphone yang memasarkan dan mengekspor produk tersebut ke negara yang enggak memproduksinya. 3. Meningkatkan devisa negara

Kegiatan ekspor yang meningkatkan penerimaan devisa. Jadi, makin tinggi nilai ekspornya, maka makin besar juga devisa yang diterima oleh suatu negara.

4. Memperluas kesempatan kerja

Manfaat dari perdagangan internasional juga agar menciptakan kesempatan kerja yang lebih luas. Peningkatan kegiatan ekspor dan impor akan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak. Dampak positif perdagangan internasional, yaitu:Baca Juga: Kunci Jawaban IPS Kelas 9 SMP: Definisi dan Contoh Perdagangan Internasional

1. Menambah devisa negara. 2. Mendorong pertumbuhan ekonomi negara, stabilitas ekonomi, serta pemerataan pendapatan. 3. Negara dapat memenuhi kebutuhannya. 4. Mendorong kemajuan IPTEK 5. Mempererat hubungan kerja sama antarnegera. Dampak negatif perdagangan internasional, yaitu: 1. Munculnya persaingan yang enggak sehat. 2. Barang produksi dalam negeri terganggu karena masuknya barang impor yang lebih murah. 3. Pertumbuhan perekononian negara akan rendah jika suatu negara tak mampu bersaing.

Baca Juga: Sengketa Internasional: Macam-Macam, Penyebab serta Contohnya

4. Timbulnya ketergantungan terhadap negara maju. Nah, itulah penjelasan tentang perdagangan internasional yang dilakukan oleh antarnegara yang memiliki manfaat serta dampaknya.

----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.