Find Us On Social Media :

Mencari Informasi Penting dari Teks serta Sumbernya, Kelas 6 SD

Mencari informasi penting serta sumbernya, materi kelas 6 SD tema 8.

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 8.

Kamu akan mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu menemukan informasi penting. Apakah kamu tahu apa itu informasi penting? Informasi penting biasanya didapatkan dari media mana saja seperti berita, radio, televisi, buku, dan lainnya. Informasi merupakan suatu pemberitahuan atau berita yang didapatkan untuk menambah wawasan pengetahuan tentang suatu kejadian. Agar kamu lebih memahaminya lagi, kamu dapat membaca atau mendengarkannya secara saksama dan mengingat informasi penting yang disampaikan.

Jadi, jika ada kata atau istilah yang sulit dipahami, kamu dapat membuka kamus untuk mencari tahu apa arti atau maknanya. Contoh Soal Mengapa mencari informasi itu penting? Sebutkan sumber informasinya yang bisa berasal dari banyak tempat!Baca Juga: Materi Kelas 6 SD Tema 8: Mengenal Interval Nada serta Jenisnya

Jawab:

Mencari informasi penting merupakan segala hal yang harus diketahui agar dapat menambah wawasan kita. Untuk mencari informasi, sebaiknya dilakukan agar bisa menjawab pertanyaan atau permasalahan yang dihadalu sehari-hari. Kamu juga penting mencari sumber informasinya yang dapat dilakukan seperti berikut ini. 1. Membaca judul Dengan begitu, kamu akan mendapat sebuah gambaran tentang pembahasan yang didapatkan. 2. Membaca isi bacaan dengan teliti Agar mendapatkan informasi yang kamu inginkan, kamu perlu membacanya dengan teliti. 3. Gunakanlah metodeBaca Juga: Langkah-Langkah Menemukan Kata Baru dan Teknik Membaca Cepat, Kelas 6 SD

Membaca skimming (memindai) sehungga kamu dapat menemukan informasi dalam waktu singkat. 4. Menemukan kata kunci Kata kunci memuat informasi penting yang ingin disampaikan dan biasanya disampaikan secara berulang. Agar dapat menemukan kata kunci, cari ide pokok yang ada di setiap paragraf. Setelah itu, sumber informasi sendiri di dapatkan dari banyak tempat dan dikelompokkan berdasarkan kategorinya, yaitu: 1. Sumber informasi primer, yang mana sumber ini disusun dan ditulis berdasarkan penelitian dan penulisnya. Contohnya seperti artikel, makalah, buku, dan hasil penelitian. 2.  Sumber informasi sekunder, yaitu informasi yang disusun berdasarkan informasi primer agar mudah ditemukan kembali. Contohnya seperti ensiklopedia, kamus, bibliografi, dan katalog perpustakaan. 3. Sumber informasi tersier, yaitu sumber yang disusun berdasarkan informasi sekunder agar memudahkan penelusuran sumber. Misalnya biblografi yang berisi daftar buku.Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 yaitu, mencari informasi penting serta sumber informasi yang didapatkan.

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan informasi penting?
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.