Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD: Keadaan Permukaan di Bulan yang Bebeda dengan Bumi

Keadaan permukaan di bulan, materi kelas 6 SD

GridKids.id - Pada materi kelas 6 SD kali ini kita akan membahas tentang keadaan permukaan bulan.

Bulan menjadi satu-satunya satelit di bumi yang memiliki ukuran yang sangat besar dari Pluto. Bulan juga mengelilingi bumi dalam orbit yang tetap. Lalu, bagaimana keadaan permukaan di bulan, ya? Yuk, kita simak pembahasannya di sini! 1. Di bulan enggak ada cuaca Bulan enggak memiliki cuaca atau iklim, Kids. Permukaannya merupakan ruang hampa yang hampir stabil. Di permukaannya sendiri enggak ada angin, awan, hujan, musim, dan erosi.

2. Penuh kawah

Permukaan bulan enggak rata dan dipenuhi oleh kawah dengan berbagai ukuran. Permukaan bulan ini enggak rata karena atmosfernya yang tipis.Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Pengertian dan Contoh Kalimat Possessive Pronoun

Atmosfer bulan enggak dapat menahan batuan luar angkasa seperti komet yang menghantamnya dengan kecepatan tinggi. Hantaman ini akan menghasilkan banyak kawah sehingga membuat permukaan bulan jadi enggak rata. 3. Gravitasi yang kecil

Keadaan permukaan di bulan jauh berbeda dengan yang ada di bumi karena, dipengaruhi oleh gaya gravitasi yang kecil. Bulan memiliki gaya gravitasi yang jauh lebih kecil dari bumi, sekitar 1,6 meter per sekon.

Gaya gravitasi ini membuat gaya tarikan ke inti bulan jadi lemah yang membuat banyak benda dapat mengapung di bulan.

Para astronot yang datang ke bulan akan kesulitan menjaga keseimbangannya karena gravitasi yang rendah. 4. Ditutupi oleh debu bulan Tahukah kamu bahwa seluruh permukaan bulan ditutupi oleh debu bulan yang disebut juga dengan regolit?Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Pengertian dan Contoh Kalimat Possessive Adjective

Regolit merupakan campuran dari pecahan batu, debu, dan material halus hasil dari timbukan meteor saat permukaannya hancur berkeping-keping. Hal inilah yang membuat debu jadi berterbangan saat melangkah di bulan. 5. Memiliki atmosfer yang tipis Bulan memiliki stmosfer yang sangat tipis yang menjadikannya enggak ada udara di bulan. Manusia enggak dapat bernapas di bulan karena permukaan bulan merupakan ruang yang hampa. 6. Suhu yang ekstrem Di siang hari, suhu bulan rata-rata 123 derajat Celcius dan malam hari jadi turun hingga -233 derajat Celcius. 7. Punya dataran tinggi Permukaan bukan sekitat 83 persen terdiri dari dataran tinggi yang dipenuhi oleh kawah.

Baca Juga: Kelas 6 SD, Sejarah Terbentuknya ASEAN dan Deklarasi Bangkok

Dataran tinggi ini berupa gunung-gunung landai tanpa ada tebing atau puncak tajam. 8. Terdapat gempa Bulan merupakan benda luar angkasa yang aktif yamg dapat mengakibatkan gempa. Gempa di bulan akan terasa hingga permukannya dan dapat berlangsung dalam 10 menit. Gempa ini juga akan mengakibatkan permukannya mengalami retakan kecil dan mengeluarkan gas. Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tentang keadaan permukaan bulan yang berbeda dengan bumi yang kita tinggali saat ini.

Pertanyaan: Bagaimana keadaan permukaan di bulan?
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.