Find Us On Social Media :

Kenapa Burung Bisa Terbang, tapi Manusia Tak Bisa? Ini Alasannya

Ketahui alasan kenapa burung bisa terbang dan perbedaannya dengan manusia.

GridKids.id - Kids, kamu mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa burung bisa terbang, sedangkan manusia enggak bisa?

Hal ini menjadi pertanyaan banyak orang karena burung memiliki anggota badan yang mendukung untuk terbang. Namun tahukah kamu, apa alasan di baliknya?Alasan kenapa burung bisa terbang dan perbedannya dengan manusiaTubuh burung dan tubuh manusia sudah jelas berbeda secara fisik. Burung dapat terbang karena memiliki sayap, sedangkan manusia enggak memilikinya. Manusia punya sepasang tangan dan bukan sayap seperti yang dimiliki burung. Bulu-bulu di sayap burung memiliki fungsi untuk menangkap udara serta mendorongnya ke bawah. Kepakan sayap burung akan memberikan dorongan dengan melawan gravitasi. Berat burung sangat ringan karena memiliki tulang berlubang, sedangkan manusia enggak memiliki tulang berlubang.Baca Juga: 7 Jenis Hewan Paling Hening di Dunia, dari Jerapah sampai Burung Hantu

Tulang burung yang berlubang akan membuatnya jadi lebih ringan dan bahkan bulunya lebih berat dari tulangnya, lo.

Otot burung memang dirancang khusus unutk mendukung kemampuannya untuk terbang. Otot-otot burung dirancang sempurna dengan akselerasi udara ke bawah untuk membuatnya jadi terangkat di udara. Sementara itu, manusia memiliki tulang dan otot yang enggak begitu kuat untuk terbang seperti burung. Dan juga bobot manusia lebih berat daripada burung. Apalagi, manusia enggak memiliki bulu yang menyebabkan manusia enggak dapat terbang. Namun, manusia dikaruniai kaki, tangan, dan otak yang lebih kuat dari spesies lainnya. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang enggak dimiliki oleh manusia tetapi dimiliki burung sehingga bisa terbang, yakni:

1. Manusia enggak memiliki sayap dan bulu, sementsra burung memiliki sayap dan bulu yang dapat terbang. 2. Manusia memiliki otot yang sangat lemah dibandingkan otot burung yang dirancang khusus untuk terbang.Baca Juga: 3 Hal Unik Ini yang Dipikirkan oleh Hewan: Anjing, Kucing dan Burung

3. Berat manusia lebih berat dibandingkan burung.

4. Tulang burung berlubang namun manusia enggak berlubang. 5. Burung memiliki bulu yang lebih berat dibandingkan dengan tulangnya.

Nah, itu dia alasan dan penjelasan tentang kenapa burung bisa terbang, sedangkan manusia enggak dapat terbang seperti burung.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.