Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD: Pengertian dan Contoh Kalimat Possessive Pronoun

Pengertian dan contoh kalimat possessive pronoun, materi kelas 6 SD.

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini, GridKids akan membagikan tentang pelajaran Bahasa Inggris.

Tepatnya, kamu akan mempelajari tentang possessive pronoun atau kata ganti yang digunakan dalam sebuah kalimat jika enggak terjadi pengulangan kata. Agar kamu lebih memahaminya lagi, yuk, kita simak bersama pengertian dan penjelasannya berikut ini! Pengertian possessive pronoun Possessive pronoun merupakan kata ganti yang merujuk pada benda (antesedan) atau orang yang dimiliki oleh seseorang termasuk benda dan hewan. Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), antesedan merupakan hal ihwal yang terjadi dahulu terutama pada riwayat hidup atau masa lampau seseorang. Kata ganti possessive pronoun ini menunjukkan pada suatu benda atau orang yang merupakan milik dari seseorang dan bukan dari orang lain. Kata ganti ini juga bisa digunakan sebagai pengganti frasa kata benda agar menghindari terjadinya pengulangan kata. Penggunaan kata ganti ini juga tergantung pada beberapa hal, seperti:Baca Juga: Kelas 6 SD, Sejarah Terbentuknya ASEAN dan Deklarasi Bangkok

1. Number, yaitu bentuk tunggal (singular), yaitu mine dan bentuk jamak (plural), yaitu ours.

2. Person, orang pertama (first person), misalnya mine. Orang kedua (second person), contohnya yours, dan orang ketiga (third person), misalnya his. 3. Gender, perempuan (female) dengan hers, dan laki-laki (male) dengan his. Kata ganti ini juga bisa menjadi subyek maupun obyek yang merujuk pada antesedan jamak dan tunggal. Possessive pronoun umumnya digunakan hanya dengan menambahkan tanda kutip dan 's' di akhir kata bendanya. Berikut adalah contoh kalimat dari possessive pronoun

Contoh pertama: Pamela is one of my sisters.Pamela is a sister of mine. Pamela merupakan saudara perempuan ku, dan contoh ini menggunakan kata ganti orang pertama jamak, yang merujuk pada Pamela sebagai saudara perempuan.

Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Bagimana Cara atau Langkah Membuat Rangkuman?

Contoh kedua: Does the pencil belong to you? Is this pencil yours? Contoh kalimat di atas menggunakan kata ganti orang kedua tunggal. Kata ganti ini bisa digunakan sebagai pengganti pengulangan kata untuk menghemat kata atau frasa. Contoh ketiga: That little boy is my son, and this one is his son. That little boy is my son, and this one is his. Contoh kalimat di atas menggunakan kata ganti gender.

Baca Juga: Bahasa sebagai Alat Komunikasi Penting serta Fungsinya, Kelas 6 SD

Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD yang membahas tentang pengertian serta contoh dari possessive pronoun atau kata ganti.

Pertanyaan: Apa itu possessive pronoun?
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.