Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP: Ciri-Ciri Teks Prosedur

(Ilustrasi) Ini ciri-ciri teks prosedur yang merupakan materi bahasa Indonesia kelas 7 SMP.

GridKids.id - Kids, apa kamu ciri-ciri teks prosedur? Ini merupakan materi Bahasa Indonesia kelas 7 SMP.

Secara umum teks prosedur berisi langkah atau tahapan untuk melakukan suatu hal, teks prosedur akan menjelaskan bagaimana cara mengerjakan hingga langkah-langkahnya.

Nah, untuk melakukan teks prosedur ada sejumlah ciri-ciri yang perlu dipahami, Kids.

Lantas, apa ciri-ciri teks prosedur? Yuk, kita cari tahu.

1. Bentuk teks yang berisi langkah/tahapan yang harus dipenuhi dalam melakukan suatu kegiatan agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik disebut

A. Teks deskripsi B. Teks laporan C. Teks prosedur D. Teks eksposisi

Jawaban: C

Baca Juga: Kunci Jawaban PJOK Kelas 7 : Macam-Macam Sikap Berdiri Pencak Silat

Penjelasannya:

Teks prosedur adalah suatu bentuk teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus dipenuhi dalam melakukan suatu kegiatan agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik, Kids.

2. Perhatikan ciri-ciri teks prosedur berikut! i) Menggunakan bahasa baku dan resmi. ii) Terdapat aturan atau batasan dalam hal bahan/kegiatan dalam melakukan kegiatan. iii) Terdapat isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tak urut disebut tips). iv) Bersifat subjektif.

Baca Juga: Materi IPS Kelas 8 SMP: Bagaimana Upaya Meningkatkan Ekonomi Maritim?

2. Ciri-ciri teks prosedur terdapat pada nomor A. (i) dan (ii) B. (i) dan (iii) C. (ii) dan (iii) D. (ii) dan (iv)

Jawaban: C

Penjelasannya:

Teks prosedur dapat dikenali dari ciri-ciri sebagai berikut. 1) Terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan, 2) Terdapat aturan atau batasan dalam hal bahan/kegiatan dalam melakukan kegiatan,3) Terdapat isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tak urut disebut tips).

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 5 SD Tema 9: Definisi dan Contoh Zat Campuran

3. Berikut ini yang merupakan kalimat perintah adalah

A. Bungkuslah beras ketan yang sudah dicampur ragi tadi dengan daun pisang! B. Jus jambu disaring agar mendapatkan hasil yang lebih halus lagi. C. Buah mangga harus dicuci terlebih dahulu agar menghilangkan kotoran pada buah. D. Bawang putih ditumis hingga harum!

Jawaban: A

Pembahasan:

Kalimat perintah adalah kalimat yang menyatakan larangan atau keharusan melaksanakan suatu perbuatan. Kalimat perintah memiliki beberapa ciri, yaitu:

Baca Juga: Kunci Jawaban Materi IPS kelas 7 SMP: Perubahan Zaman Batu dan Logam

1. Menggunakan kata kerja perintah (kata kerja perintah biasanya dibentuk dengan akhiran -kan, -i, dan -lah), 2. Memiliki tanda seru (!) di akhir kalimatnya, 3. Biasanya disusun oleh predikat yang mendahului subjek, serta 4. Memakai intonasi nada yang tinggi dan tegas. Dengan demikian, kalimat yang memenuhi ciri kalimat perintah terdapat pada pilihan jawaban A.

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Cara Membuat Tempe. Tempe dijual di pasar atau tukang sayur keliling. Namun, sebaiknya Anda mencoba membuat sendiri di rumah, Kids.

Tempe buatan sendiri tentu lebih higienis dan lebih sehat sehingga aman dikonsumsi. Berikut ini langkah-langkah proses membuat tempe kedelai.

 

Baca Juga: Kunci Jawaban Materi PJOK Kelas 7 SMP: Mengenal Aktivitas Senam

4. Kutipan teks di atas termasuk dalam bagian struktur teks prosedur bagian

A. PenutupB. Bahan dan Alat C. Judul dan Tujuan D. Langkah-langkah

Jawaban: C

Penjelasannya:

Kutipan teks tersebut berisi judul “Cara Membuat Tempe” dan paragraf selanjutnya berisi paragraf pengantar tentang tujuannya, yakni sesuatu yang akan dibuat atau dilakukan, Kids.

Dengan demikian, kutipan teks tersebut berisi judul dan tujuan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Pertanyaan: Mengenal bagian struktur teks prosedur
Petunjuk: Cek halaman 5-6

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.