Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD: Bagimana Cara atau Langkah Membuat Rangkuman?

Langkah membuat rangkuman, materi kelas 6 SD tema 8

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini, kamu akan belajar materi Bahasa Indonesia. Tepatnya, kita akan bagaimana cara atau langkah-langkah membuat ringkasan. Sebelum kamu mengerjakan soalnya, ada baiknya jika membaca isi materinya terlebih dahulu. Setelah membaca sebuah buku bacaan, kita dapat langsung membuat sedikit ringkasannya. Apakah kamu pernah membuat ringkasan, Kids? Ringkasan biasa disebut dengan rangkuman ini dapat membantu kita untuk menemukan informasi secara singkat. Hal inilah yang dapat memudahkan kita untuk memahami dan mengingat isi penting dari sebuah bacaan. Tetapi, menulis kembali informasi tersebut, penulia ringkasan harus tetap mempertahankan isi dan sudut pandang dari penulis buku atau teks. Ada beberapa teknik yang sebaiknya kamu lakukan saat ingin membuat ringkasan, yakni:Baca Juga: 4 Manfaat dari Hidup Rukun dan Penjelasannya, Jawaban Materi Kelas 5 SD Tema 9

1. Bacalah semua isi buku maupun teks informasi, lalu tandai bagian yang kamu anggap penting.

2. Tulislah bagian yang kita anggap penting. 3. Buatlah menjadi kerangka yang dapat dikembangkan lagi. 4. Bacalah dan bandingkan dengan aslinya.

Contoh Soal 1. Jelaskan apa saja langkah-langkah dalam membuat rangkuman! Jawab: - Membaca buku dengan teliti Bacalah secara teliti sebuah bacaan atau buku yang ingin dirangkum. Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Apa Saja Komoditas Pertanian di Negara Filipina?

Pahamilah setiap isinya, sehingga kita enggak akan salah saat membuat rangkuman. - Menandai informais yang dianggap penting Kamu harus menandai informasi yang dianggap penting untuk menemukan gagasan utama dalam paragraf.

- Urutkan informasi penting Tulislah rangkuman dengan mencatat gagasan utama secara berururutan. Buatlah catatan lebih ringkas dibanding aslinya tanpa harus mengubah makna. - Gunakan bahasa sendiri Dengan menggunakan bahasa sendiri, kamu dapat mudah mengingat dan memahami maksud dari informasi tanpa mengubah apa yang disampaikan penulisnya. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 yaitu tentang langkah-langkah membuat ringkasan atau rangkuman.

Pertanyaan: Sebutkan apa saja langkah-langkah dalam membuat rangkuman!
Petunjuk: Cek di halaman 2

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.