Find Us On Social Media :

Jadi Negara Termuda di Dunia, Ini Dia Fakta Menarik Bougainville

(Ilustrasi) Negara Bougainville, negara termuda di dunia.

GridKids.id - Kids, negara apa sajakah yang pernah kamu kunjungi?

Bagaimana kesan pertamamu saat mengunjungi negara tersebut? Setiap negara memang memiliki karakter dan ciri khasnya sendiri yang menjadi daya tariknya. Nah, salah satunya adalah negara Bougainville yaitu negara termuda di dunia. Setelah menjalani konflik yang panjang dan proses perdamaian, masyarakat di negara ini memutuskan untuk memisahkan diri dari Papua Nugini. Hal ini sudah ada dalam referendum yang diselanggarakan pada 2019 lalu dan hasilnya, 97 7 persen pemilih menyatakan ingin berpisah dari Papua Nugini.

Negara termuda di dunia ini memiliki sederet fakta menarik yang harus kamu tahu, nih! Yuk, kita simak di sini, Kids! 1. Asal mula nama BougainvilleBaca Juga: Daftar 10 Negara Tepintar di Dunia, Siapa di Posisi Pertama?

Negara ini diketahui telah ada sejak 3000 atau 4000 tahun sebelum adanya etnis Austronesia yang datang ke wilayah tersebut. Orang pertama Eropa pertama kali kontak dengan masyarakat asli yang dilakukan oleh Louis Antoine de Bougainville pada tahun 1769.

Ia merupakan penjelajah asal Prancis yang menamai pulau tersebut dengan namanya sendiri yaitu Bougainville. Lalu, perusahaan German New Guninea Company mengambil ahli beberapa pulau di Oseania, seperti New Guinea, New Britain, New Ireland, dan Bougainville. Di tahun 1899, ada perjanjian antara Jerman dan Britania Raya tentang sengketa wilayah antara Kepulauan Solomon dan Bougainville. Lalu, di tahun 1942, Jepang mengambil ahli kawasan negara ini sebelum menyerah pada Amerika pada 1944. Kekalahan Jepang membuat negara Bougainville dikembalikan pada Australia sebelum masuk ke wilayah Papua Nugini pada 1975. 2. Letak Geografi Bougainville

Jika dilihat dari letak geografinya, negara ini berada di ujung timur wilayah Papua Nugini, di Laut Solomon.Baca Juga: 4 Negara Teramah di Dunia yang Menarik Wisatawan, Ada Indonesia?

Negara ini adalah negara kepulauan yang mana Pulau Buka jadi pusat pemerintahan Bougainville dan menjadi kepulauan terbesar di Lautan Kepulauan Solomon.

Di negara ini, Bougainbille memiliki puncak tertinggi di wilayah yang berada di gunung berapi aktif yaitu The Emperor Range dengan ketinggian 2743 meter. Luas negara ini sekitar 9138 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 300 ribu jiwa berdasarkan sensus penduduk tahun 2019. 3. Belum menjadi anggota PBB dan merdeka penuh di tahun 2027

Negara Bougainville belum menjadi anggota resmi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) walau sudah penuh merdeka pada 2019 lalu. Hal ini enggak lepas dari proses pelepasan Bougainville dari Papua Nugini dan akan dilakukan pada 2023 mendatang. Bougainville diprediksi akan mendapat kemerdekaan penuh pada 2027 nanti. Meski begitu  negara ini diyakini akan sulit untuk mendorong perekonomiannya dalam waktu yang singkat. Hal ini dikarenakan wilayah tersebut yang masih sangat terbatas dan kesehatan juga menjadi isu utama di negara ini.Baca Juga: 4 Negara Teraman di Dunia yang Cocok untuk Solo Traveler, Tertarik ke Sana?

Selain itu, negara ini juga resmi dinyatakan sebagai negara termuda di dunia. Nah, itu dia fakta-fakta menarik negara Bougainville yang menjadi negara termuda di dunia.

Apa kamu tertarik ingin mengunjunginya, Kids?

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.