Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD: Apa Itu Karangan Nonfiksi, Ciri serta Contohnya

Karangan nonfiksi: ciri-ciri dan contohnya, materi kelas 6 SD tema 8

GridKids.id - Pada materi tematik kelas 6 SD tema 8 kali ini kamu akan belajar tentang salah satu pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu karangan nonfiksi.

Sebelumnya, kita juga sudah pernah membahas tentang cerita fiksi dan nonfiksi. Nah, apakah kamu pernah membaca cerita nonfiksi, Kids? Cerita nonfiksi berbeda dengan karangan fiksi karena enggak dapat dipastikan tentang kebenarannya. Karangan nonfiksi dibuat agar dapat menyampaikan informasi sehingga isinya adalah hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Jadi, kita bisa menemukan informasi yang dibutuhkan untuk menambah wawasan setelah membaca karangan nonfiksi.

Penulis harus mencari ide kreatif, mengumpulkan referensi, membuat konsep, menetukan gaya bahasa, data pendukung dan judul yang tepat saat membuat cerita fiksi. Agar kamu dapat lebih memahaminya lagi, kerjakanlah soalnya berikut ini! Contoh SoalBaca Juga: Materi Kelas 6 SD Tema 9: Dampak dari Penambangan Batu Granit

1. Apa itu karangan nonfiksi? Sebutkan contoh karangannya!

Jawab: Karangan nonfiksi merupakan karangan yang dibuat untuk memberikan informasi.

Yang mana penulisnya membuat karangan yang diberikan dengan tujuan memberikan informasi dengan jelas, benar dan sesuai dengan isi yang ingin disampaikan.

Saat menulis karangan nonfiksi, penulis perlu melakukan penelitian dan menemukan data yang dapat dipercaya kebenarannya. Enggak seperti karangan fiksi, karangan nonfiksi dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang tepat untuk pembacanya. Berikut adalah ciri-ciri karangan nonfiksi, yakni: 1. Menggunakan bahasa yang baku.

2. Menggunakan bahasa yang objektif dan apa adanya.Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Pengertian, Tujuan dan Struktur Teks Pidato

3. Berisi informasi fakta dan aktual. 4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. 5. Isinya berasal dari penemuan terbaru penulis dari sumber lain. Contoh karangan nonfiksi, seperti esai, riwayat hidup, karya tulis ilmiah, catatan dokumenter, kamus, dan artikel. Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 yaitu tentang karangan nonfiksi, ciri dan contohnya.

Pertanyaan: Apa itu karangan nonfiksi?
Petunjuk: Cek di halaman 2

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.