Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD: Langkah-Langkah dalam Menemukan Informasi Penting

Langkah menemukan informasi penting, materi kelas 6 SD tema 8.

GridKids.id - Kids, pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini, kita akan membahas tentang pelajaran Bahasa Indonesia.

Tepatnya, kamu akan belajar menemukan informasi penting. Sebelum mengerjakan soalnya, ada baiknya jika kamu membaca isi materinya secara saksama. Kamu pasti sudah pernah atau melihat papan berita di dinding sekolahmu. Di dalamnya, terdapat informasi yang mudah didapatkan dari televisi, radio, koran, dan internet. Informasi merupakan sebuah pemberitahuan, keterangan atau berita yang berrsifat untuk menambah pengetahuan seseorang. Dengan menemukan informasi di media cetak, kamu sebaiknya harus membaca dengan teliti, memahami isi, mencstat informasi di dalamnya. Jika menemukan kata asing, kamu dapat membuka kamus dan carilah arti yang ingin kamu ketahui. Contoh SoalBaca Juga: Materi Kelas 6 SD Tema 9: Dampak dari Penambangan Batu Granit

1. Bagaimana langkah-langkah dalam menemukan informasi penting?

Jawab: - Membaca judulnya Membaca judul sudah mewakili isi pada teks bacaan. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gambaran informasi yang kamu terima.

- Membaca sekilas Teknik membaca sekilas akan melatih gerak mata untuk melihat bacaan dan juga dapat meraih informasi penting dalam waktu singkat. Dengan begitu, kita dapat melatih keaktifan, cermat, dan efektif dalam membaca informasi. - Mencatat isi pokok bacaan Untuk menemukan kata kunci, kamu dapat mengetahui apa saja isi pokok bacaan yang ingin kamu sampaikan.

Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Pengertian, Tujuan dan Struktur Teks Pidato

Kamu bisa menggunakan metode membaca sekilas dengan 5W + 1H atau what, when, where, who, why, dan how.  - Menemukan kata kunci Agar kamu dapat menemukan kata kunci, kamu harus menemukan kata yang diulang-ulang dalam tiap paragrafnya. Kata kunci biasa ditemukan dalam ide pokok, menemukan kata ganti dari kata kunci. Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD 8 yaitu, mencari jawaban tentang langkah-langkah dalam menemukan informasi penting.

Pertanyaan: Apa itu informasi penting?
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.