Find Us On Social Media :

Mengenal Keunikan Pakaian Adat Minangkabau dari Sumatera Barat

(Ilustrasi) Pakaian Adat Minangkabau

GridKids.id - Pada pembahasan kali ini, GridKids akan membagikan ulasan tentang pakaian adat Minangkabau.

Apakah kamu sudah pernah melihat pakaian tradisional adat Minangkabau, Kids? Pakaian adat Minangkabau ini berasal dari provinsi Sumatera Barat yang memiliki ciri khasnya tersendiri. Pakaian adat dari Sumatera Barat ini memiliki keunikannya serta nilai-nilai di dalamnya.

Selain itu, pakaian adat Minangkabau juga disebut dengan pakaian Bundo Kanduang atau Limpapeh Rumah Nan Gadang. Pakaian Bundo Kanduang merupakan pakaian adat dari Sumatwra Barat yang mana biasanya digunakan oleh perempuan yang sudah menikah.

Limpapeh artinya tiang tengah dari bangunan rumah adat Sumatera Barat untuk memperkokoh bangunan rumah. Jadi, analoginya seperti peran ibu dalam sebuha keluarga. Jika limpapeh roboh, maka rumah juga jadi ikutan rubuh, sama halnya dengan ibu atau perempuan yang enggak bisa mengatur rumah tangganya. Baca Juga: 34 Pakaian Adat Indonesia di Masing-Masing Provinsi, Apa Saja?

Pakaian Adat Laki-laki Minangkabau Di dalam adat Sumatera Barat, pakaian yang digunakan oleh kaum laki-laki disebut dengan pakaian adat Penghulu.

Pakaian ini dipakai oleh pemangku adat sebagai pakaian kebesaran yang pemakaiannya diatur sesuai dengan tata caranya. Tata cara ini digariskan oleh adat pakaian Penghulu dalam adat Sumatera Barat yang terdiri dari destar, sarawa, sesamping, sandang, keris, dan tongkat. Pakaian Adat Perempuan Minangkabau

Pakaian adat Minangkabau yang paling populer adalah Bundo Kanduang. Biasanya, pakaian adat ini digunakan dalam acara pernikahan dalam budaya Sumatera Barat. Pakaian tradisional ini terdiri sari tengkuluk (penutup kepala), baju kurung, kain selempang, kain sarung, dan perhiasan (kalung dan anting). Pakaian ini khusus diperuntukkan oleh perempuan yang diangkat menjadi bundo kanduang.Baca Juga: Keunikan Pakaian Adat Bali dan Maknanya, Materi Kelas 4 SD Tema 7

Selain itu, pakaian adat ini memiliki ciri khas dengan penutup kepalanya atau disebut dengan tengkuluk. Nah, itu dia ulasan tentang pakaian adat Minangkabau yang berasal dari Sumatera Barat beserta dengan keunikannya. Apakah kamu tertarik ingin mencobanya, Kids?

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.