Find Us On Social Media :

Inilah 8 Dampak Positif Ledakan Penduduk bagi Bangsa Indonesia

Dampak positif ledakan penduduk bagi bangsa Indonesia.

GridKids.id - Pada artikel kali ini GridKids akan membahas tentang dampak positif ledakan penduduk di bagi bangsa Indonesia. Ledakan penduduk adalah pertumbuhan penduduk secara cepat dan tak terkendali. Ledakan penduduk biasa terjadi karena angka pertumbuhannya yang melonjak cepat dalam jangka waktu yang pendek. Ledakan penduduk ini terjadi karena angka kelahiran yang sangat tinggi sama seperti yang terjadi di Indonesia. Pertumbuhan penduduk ini akan tinggi jika enggak diimbangi dengan peningkatan kapasitas ekonomi maka akan menurunkan kesejahteraan penduduk suatu negara. Namun di tahun 2030-2040, Indonesia akan diprediksi memasuki kondisi dengan jumlah penduduk yang besar. Peningkatan jumlah penduduk ini akan berdampak positif bagi bangsa Indonesia. Sedangkan, bonus demografi merupakan jumlah penduduk usia produktif yang lebih besar dibanding dengan penduduk usia yang enggak produktif. Usia produktif berada di tentang usia 15-64 tahun, sedangkan yang enggak produktif berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun.Baca Juga: 7 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak, Indonesia Peringkat Berapa?

Namun meski begitu, ada pula dampak positif ledakan penduduk di bagi bangsa Indonesia.

Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini! Dampak Positif Ledakan Penduduk bagi Indonesia

1. Terbentuknya para generasi muda yang siap untuk bertanggung-jawab, mengabdi, berkorban, membangun dan mengelola bangsa dan negara. 2. Meningkatkan laju perekonomian yang sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan bangsa dan negara. 3. Roda ekonomi Indonesia akan semakin tumbuh dan siap bersaing dalam dunia internasional. 4. Akan banyak tersedia tenaga kerja dengan usia yang produktif. 5. Mendorong laju pertumbuhan ekonomi. 6. Jumlah penduduk yang besar juga akan mengakibatkan meningkatnya permintaan barang konsumsi dalam produksi.

Baca Juga: 3 Negara dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit, Ada yang Hanya Ratusan Orang

7. Menurunkan biaya produksi. 8. Jumlah penduduk yang besar akan mendorong peningkatan produksi yang berdampak pada perluasan usaha dan pendirian usaha baru di sektor produksi. Nah, itulah penjelasan tentang dampak positif ledakan penduduk bagi bangsa Indonesia.----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.