Find Us On Social Media :

Apa Saja Teknik-Teknik dalam Membuat Patung? Kelas 6 SD Tema 9

Teknik-Teknik Membuat Patung, Materi Kelas 6 SD Tema 9

GridKids.id - Di materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini kita akan membahas tentang macam-macam teknik membuat patung.

Sebelum kamu mengerjakan soalnya, simaklah isi pembahasannya terlebih dahulu. Kids, pasti kamu pernah melihat patung-patung yang ada di museum atau di tempat-tempat kesenian. Patung yang sering kita lihat ternyata enggak sembarang dibuat, lo. Untuk membuat sebuah patung memiliki teknik khusus agar sebuah patung bisa dilihat dengan indah. Membuat patung enggak hanya sebuah dekorasi saja, namun juga ada karya seni yang terdapat di dalamnya. Bahan baku membuat patung bisa dibuat dari berbagai macam kayu, tanah liat, gips, dan bahan lainnya. Agar kamu bisa lebih memahami isi materinya, kamu dapat mengerjakan soalnya di bawah ini! Contoh SoalBaca Juga: Kunci Jawaban ' Bagaimana Cara Astronot Menuju ke Bulan?', Kelas 6 SD

1. Jelaskan apa saja teknik yang digunakan dalam membuat patung!

Jawab: - Teknik membutsir Dengan menggunakan teknik ini, patung bisa dibuat dengan cara menambah, memijit, dan mengurangi bahan baku patung dengan alat butsir. Bahan baku yang digunakan untuk membuatnya adalah tanah liat. - Teknik memahat Dengan menggunakan teknik ini, patung yang dibuat dapat mengurangi bahannya sehingga dapat menjadi bentuk yang diinginkan. Bahan baku dalam membuat patung dengan kayu atau batu. - Teknik mencetakBaca Juga: Kunci Jawaban 'Pengelompokkan dalam Sistem Tata Surya', Kelas 6 SD

Teknik mencetak akan membuat patung dengan mencetak bahan baku ke dalam wadah yang sudah dibentuk. Bahan baku yang digunakan yaitu bubur kertas dan gips. - Teknik konstruksi Dengan menggunakan teknik konstruksi, patung dapat dibuat dengan membentuk pola yang diinginkan dengan diberi perekat. Bahan baku dalam membuatnya bisa dari logam, semen, plastik, dan lainnya. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang teknik-teknik dalam membuat pantung.

Pertanyaan: Sebutkan apa saja bahan pembuat patung!
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.