Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD: Manfaat Penemuan Tata Surya bagi Kehidupan

Manfaat penemuan tata surya bagi kehidupan, Kelas 6 SD tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini, kita telah sampai pada tema 9.

Kamu akan mempelajari tentang manfaat konsep tata surya bagi kehidupan. Sebelum mengerjakan soalnya, kamu diminta untuk membaca isi materinya terlebih dahulu.

Teori tata surya, dimulai saat manusia percaya bahwa Bumi merupakan pusat tata surya. Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh Cipernicus, pusat tata surya ternyata bukan Bumi, tetapi matahari. Pendapat ini juga di dukung oleh Galileo Galilei setelah ia mengembangkan teleskopnya. Sejak saat itu, manusia terus-menerus meneliti benda-benda langit lain di tata surya. Pengetahuan ini lalu terus berkembang dan menghasilkan banyak teori tentang pembentuknya tata surya. Yap, salah satunya adalah Teori Big Bang, yaitu hasil pengamatan dari Ralph Alpher, George Gamow, dan Robert Herman.Baca Juga: Kunci Jawaban ' Bagaimana Cara Astronot Menuju ke Bulan?', Kelas 6 SD

Lalu, teori ini menyatakan bahwa tata surya terus mengembang dan enggak memiliki batas.

Tata surya awalnya dihasilkan oleh suatu ledakan besat dan terjadi tiba-tiba, karena materi ledakan memadat, tertekan, bergesekkan, dan mengembang dalam waktu yang cepat. Lama kelamaan, tata surya surya akan semakin mengembang dan menjauhi pusat ledakan. Berikut adalah contoh soalnya yang bisa kamu kerjakan! 1. Jelaskan pendapatmu tentang manfaat penemuan konsep tata surya bagi kehidupan manusia! Jawab: - Bisa mempelajari benda-benda langit Manusia dapat mempelajari benda-benda langit bergerak.

Pergerakan Bumi, bulan, dan planet-planet lainnya dapat memengaruhi sistem penanggalan manusia. Pergerakan Bumi terhadap matahari juga membuat manusia mempelajari pergantian musim.Baca Juga: Kunci Jawaban 'Pengelompokkan dalam Sistem Tata Surya', Kelas 6 SD

- Mempelajari bahan-bahan penyusun benda-benda langit Di tata surya, banyak terdapat benda-benda langit yang tersusun dari gas hingga zat. Karena menpelajari konsep tata surya, kita dapat mengetahui apa saja komponen penyusun sebuah benda langit. - Mengetahui ciri-ciri benda langit Setiap benda langit memiliki ciri-ciri yang berbeda dari segi bentuk, pola mengorbit matahari dan penyusunannya. Contohnya seperti komet yang memiliki orbit lonjong dan jauh dari matahari. Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang manfaat konsep tata surya bagi kehidupan.

Pertanyaan: Siapa penemu teori Big Bang?
Petunjuk: Cek di halaman 1

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.