Find Us On Social Media :

Kelas 6 SD: Pengaruh Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri

Mencari jawaban pada teks bacaan 'Pengaruh Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri', kelas 6 SD

 

GridKids.id - Materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini, kamu akan mempelajari tentang pengaruh persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri.

Sebelumnya, kita juga sudah pernah membahas tentang persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Indonesia pastinya enggak terlepas dari perbedaan suku, agama dan ras karena negara kita memiliki keberagaman. Nah, perbedaan inilah yang mengharuskan kita untuk saling menjaga dan menghormati perbedaan lain. Karena dengan begitu, kita dapat menjadi masyarakat yang damai tanpa adanya perselisihan.

Lingkungan masyarakat akan jauh jadi tertib dan persatuan dan kesatuan pun semakin meningkat.

Warga negara Indonesia harus menjaga sikap persatuan dan kesatuan ini yang bahkan sudah tertulis dalam sila ketiga yang berbunyi 'Persatuan Indonesia'. Untuk itu, kamu pru memahami isi materinya dengan membaca teks bacaan, setelah itu baru mengerjakan soalnya! Pengaruh Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri

Baca Juga: Mencari Jawaban pada Teks Cerita Fiksi 'Tersesat di Pasar', Kelas 6 SD

 Kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui berbagai usaha. Usaha-usaha tersebut dapat berjalan lancar disebabkan adanya rasa persatuan dan kesatuan dalam diri bangsa Indonesia. Jauh sebelum Indonesia merdeka, bangsa Indonesia telah berjuang untuk mengusir penjajah dari tanah air. Namun, perlawanan bangsa Indonesia tersebut sering kali mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan perjuangan yang masih bersifat kedaerahan dan kurangnya rasa persatuan antardaerah. Sifat kedaerahan ini juga menyebabkan bangsa Indonesia mudah diadu domba oleh penjajah. Misalnya, politik adu domba yang dilakukan oleh Belanda terhadap kaum Padri dan kaum adat. Politik ini menyebabkan kaum Padri dan kaum adat saling bermusuhan.

Lambat laun, bangsa Indonesia mulai menyadari bahwa strategi perjuangan harus diubah. Bangsa Indonesia harus bersatu untuk mengusir para penjajah. Seluruh rakyat pun bersatu dan berjuang melakukan perlawanan. Kali ini, perlawanan mereka dilandaskan pada rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia. Rakyat tidak lagi berjuang secara kedaerahan. Mereka berjuang dengan semangat persatuan sebagai bangsa Indonesia. Semangat ini pun membuahkan hasil yang baik, yaitu mendapatkan kemerdekaan Indonesia.Sebagai generasi muda, kita harus memiliki semangat persatuan dan kesatuan. Rasa persatuan dan kesatuan dikembangkan dari dalam diri. Hal ini kemudian diterapkan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Semangat persatuan dan kesatuan yang kita terapkan akan membuat kehidupan menjadi lebih damai. Pengaruh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri antara lain dapat menumbuhkan sikap tenggang rasa dan kepedulian terhadap sesama dan masih banyak pengaruh lainnya.Contoh Soal 1. Mengapa perjuangan bangsa Indonesia sering mengalami kegagalan?Baca Juga: Kelas 6 SD: Sikap yang Boleh Dilakukan dan Tak Boleh dalam Musyawarah

Jawab: Bangsa Indonesia mengalami kegagalan dalam memperjuangkan bangsanya karena masih bersifat kedaerahan dan juga rasa persatuannya yang kurang antardaerah. Sifat inilah yang menyebabkan bangsa Indonesia mudah diadu domba oleh penjajah. 2. Apa pengaruh diterapkannya sikap persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat terhadap diri sendiri? Jelaskan! Jawab: - Dapat menumbuhkan sikap tenggang rasa. - Lingkungan jadi nyaman, damai dan tenteram. - Jadi pribadi yang lebih menaati setiap tata tertib. - Menumbuhkan rasa saling peduli antarsesama.Baca Juga: Kunci Jawaban Kelas 6 SD, Keuntungan dan Kerugian Transportasi Darat

Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 yaitu mencari jawaban pada teks bacaan 'Pengaruh Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri'.

Pertanyaan: Apa pengaruh diterapkannya sikap persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat terhadap diri sendiri?
Petunjuk: Cek di halaman 3

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.