Find Us On Social Media :

Kelas 6 SD: Sikap yang Boleh Dilakukan dan Tak Boleh dalam Musyawarah

Sikap yang boleh dilakukan dan enggak boleh dalam bermusyawarah, kunci jawaban kelas 6 SD tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 9.

Tepatnya, kamu akan mempelajari tentang musyawarah sebagai bentuk dari persatuan dan kesatuan. Namun sebelum itu, bacalah secara saksama isi materinya setelah itu, kamu dapat mengerjakan soalnya. Musyawarah Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan, kita dapat melakukan musyawarah.

Apakah kamu pernah melakukan kegiatan musyawarah, Kids? Dengan bermusyawarah, kita dapat berdiskusi untuk mencapai tujuan bersama. Musyawarah dapat mengajarkan kita untuk lebih mengutamakan mufakat dalam mengambil setiap keputusan. Musyawarah juga jadi salah satu nilai dari sila keempat Pancasila yaitu “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan”.Baca Juga: Apakah Ada Kehidupan di Planet Lain Selain Bumi? Materi Kelas 6 SD

Akan selalu terjadi perbedaan pendapat dalam bermusyawarah, dan kita perlu membicarakan keputusan tersebut secara bersama untuk memperoleh jalan tengahnya.

Hasil musyawarah ini disetujui oleh semua pihak yang terlibat dan kepentingan bersama harus didahulukan. Contohnya, saat memilih ketua kelas, yang awalnya kita akan memilih kandidat atau siapa saja yang mau jadi ketua kelas. Lalu, kamu akan melakukan pungutan suara untuk memilih satu orang yang akan jadi ketua kelas. Suara terbanyak oleh seorang kandidat akan membuatnya menjadi ketua kelas dan hasil ini juga harus diterima oleh semua pihak. Contoh Soal

Sikap apa yang boleh dilakukan saat bermusyawarah? Dan sikap apa yang enggak boleh dilakukan? Jawab: Sikap yang Boleh Dilakukan dalam Musyawarah

Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Contoh Penerapan Nilai-nilai Pancasila di Sekolah

- Menghormati dan menghargai pendapat orang lain. - Enggak memotong pembicaraan.

- Enggak memaksakan keinginan orang lain.

- Bersikap sopan selama melakukan musyawarah. Sikap yang Enggak Boleh Dilakukan dalam Musyawarah- Memotong pembicaraan orang lain. - Mencela pendapat orang lain. - Bersikap enggak sopan selama melakukan musyawarah. - Memaksakan keinginan pada orang lain.Baca Juga: Kelas 6 SD Tema 8: Apakah Negara Indonesia Bisa Menjadi Salah Satu Negara Terbersih di Dunia?

Nah, itulah materi tematik kelas 6 SD tema 9 yaitu mencari kunci jawaban tentang musyawarah sebagai bentuk dari persatuan dan kesatuan.

Pertanyaan: Sikap apa yang boleh dilakukan saat bermusyawarah? 
Petunjuk: Cek di halaman 3

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.