Find Us On Social Media :

Selain Singapura, Inilah 6 Negara Terbersih di Dunia yang Bikin Kagum

Negara Terbersih di Dunia, di Peringkat Pertama Denmark

 

GridKids.id - Seperti yang diketahui bahwa Singapura menjadi salah satu negara terbersih di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Nah, namun enggak hanya negara Singapura saja, Kids. Adapun beberapa negara lainnya yang juga dikenal sebagai negara terbersih di dunia. Kebersihan memang menjadi salah satu faktor yang bisa membuat warganya nyaman untuk tinggal dan menetap.

Ketersediaan air bersih, udara bebas polusi, penanganan limbah yang efisien serta sanitasi yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup. Negara yang memiliki kualitas udara bersih dapat membuat penduduknya terhindar dari infeksi saluran pernapasan akut dan penyakit lain akibat polusi udara.

Apakah kamu penasaran apa saja negara yang dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia? Yuk, kita simak ulasannya di sini! 6 Negara Terbersih di Dunia 1. Denmark

Baca Juga: Kelas 6 SD Tema 8: Apakah Negara Indonesia Bisa Menjadi Salah Satu Negara Terbersih di Dunia?

Denmark merupakan negara yang paling bersih dan paling ramah lingkungan tahun 2020. Alasan megara ini menjadi peringkat pertama adalah karena Denmark tinggi dalam beberapa kategori. Mulai dari pengolahan air limbah dan indeks perlindungan spesies sehingga mendapatkan skor 100. Fokus Denmark berkelanjutan alam dan lingkungan juga meningkat, seperti hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya dan lainnya.

2. Luksemburg

Peringkat kedua ada pada negara Luksemburg yang dinilai telah membuat kemajuan dalam mengurangi kerusakan lingkungan. Skor keseluruhan negara ini cukup tinggi yaitu 82,4 persen. Skor kategori sanitasi mencapai 100. Skor terkait air minum, yaitu 97,7.

Walau negara ini relatif kecil dengan kurang dari 600.000 penduduk, Luksemburg tetap memiliki banyak pedesaan dan hutan yang lebat. 3. SwissBaca Juga: Keren dan Bangga! Inilah 8 Negara Paling Damai di Dunia, Ada Indonesia?

Swiss menjadi negara terbersih di dunia di peringkat ketiga dengan skor air minum dan sanitasi, yaitu 100. Swiss dikenal sebagai negara dengan air bersih dan satwa liar yang sangat beragam. 4. Inggris Di peringkat keempat ada negara Inggris yang juga dinobatkan sebagai negara terbersih di dunia. Negara Big Ben ini memperoleh skor 81,3 dan mendapat nilai sempurna untuk kategori air minum, sanitasi, dan emisi polusi. 5. Prancis Prancis menjadi negara kelima dengan skor 80 sebagai negara terbersih di dunia. Negara yang memiliki industri besar ini, energinya hampir 80 persen dari tenaga nuklir. Tingkat emisi karbonnya rendah sehingga mendapat skor 100 terkait emisi polusi.Baca Juga: 10 Negara dengan Suhu Terpanas di Dunia, Ada Indonesia?

Perancis juga memiliki banyak turbin air di sepanjang sungainya. 6. Austria

Austria menjadi negara terbersih peringkat keenam di dunia. Negara ini memberlakukan aturan ketat soal penggunaan pupuk dan pestisida. Austria menjadi negara di Eropa yang paling ketat soal polusi udara, bahan kimia serta pengelolaan limbah. Dua pertiga wilayah di Austria bahkan masih ditutupi hutan dan padang rumput yang masih asri. Nah, itu dia 6 negara terbersih di dunia selain Singapura yang bisa menjadi panutan juga bagi masyarakat Indonesia akan pentingnya kebersihan lingkungan.

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.