Find Us On Social Media :

Apakah Ada Kehidupan di Planet Lain Selain Bumi? Materi Kelas 6 SD

Materi Kelas 6 SD: Planet di luar tata surya yang dapat dihuni oleh makhluk hidup.

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kamu akan mempelajari tentang planet di luar tata surya. Sebelumnya, GridKids juga telah membagikan pelajaran tentang benda langit di luar angkasa dan planet. Tahukah kamu, bahwa tata surya dibagi menjadi dua, pembagiannya berdasarkan sabuk asteroid antara planet Mars dan Jupiter. Yang pertama ada di planet dalam dan terletak di sabuk asteroid yaitu planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

Lalu yang kedua ada planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neputunus. Selain planet yang ada di dalam tata surya, manusia menemukan planet lain yang kemungkinan dapat dihuni oleh makhluk hidup di Bumi.

Untuk itu, simaklah materi tentang eksoplanet atau planet di luar tata surya berikut ini!

Eksoplanet Eksoplanet adalah planet-planet yang mengitari bintang selain Matahari. Eksoplanet berada di luar Tata Surya kita. Perlu kamu ketahui, alam semesta ini tidaklah berujung. Terdapat begitu banyak bintang yang serupa dengan Matahari di alam semesta.

Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Contoh Penerapan Nilai-nilai Pancasila di Sekolah

Kini ada 305 eksoplanet yang berhasil ditemukan. Semuanya terdiri atas 260 sistem eksoplanet. Setiap sistem terdiri dari satu sampai lima eksoplanet, ditambah bintang yang menjadi pusatnya.  Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa ada dua eksoplanet yang memiliki kemiripan karakter dengan Bumi. Kedua eksoplanet tersebut memiliki musim dan iklim yang relatif stabil, sama halnya dengan Bumi. Kedua eksoplanet tersebut adalah Kepler-196f dan Kepler-62f. Sama seperti Bumi, kedua eksoplanet tersebut memiliki jarak yang tepat dengan bintang yang menjadi pusatnya sehingga memungkinkan ada sumber air di permukaan planetnya. Contoh Soal 1. Apakah terdapat kehidupan di planet lain selain Bumi? Jawab: Bisa saja ada kehidupan di planet lain selain di Bumi karena luar angkasa sangat luas dan banyak binatang lain yang menjadi pusat dari tata surya di planet lain.Baca Juga: Kelas 6 SD Tema 8: Apakah Negara Indonesia Bisa Menjadi Salah Satu Negara Terbersih di Dunia?

Tetapi, hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang kehidupan lain selain di planet Bumi. 2. Jelaskan apa saja syarat menjadikan sebuah planet agar dapat dihuni makhluk hidup! Jawab: Sebuah planet bisa dihuni jika memiliki sumber air dan oksigen untuk bernapas. Kecepatan rotasinya juga sesuai bagi makhluk hidup yang tepat untuk mendukung kehidupan.

Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD yaitu tentang planet di luar tata surya, yang dikatakan dapat dihuni oleh makhluk hidup.

Pertanyaan: Apakah terdapat kehidupan di planet lain selain Bumi?
Petunjuk: Cek di halaman 2

 

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.