Find Us On Social Media :

Kelas 6 SD: Apa Makna Persatuan dan Kesatuan Bagi Bangsa Indonesia?

Makna persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, kelas 6 SD

GridKids.id - Seperti yang kita tahu bahwa persatuan dan kesatuan menjadi hal yang penting untuk dimiliki bangsa Indonesia. Persatuan dan kesatuan ini sudah ada sejak masa perjuangan bangsa Indonesia yang melawan para penjajah. Saat itulah, perjuangan bangsa Indonesia jadi semakin tegas dengan mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional. Indonesia yang memiliki banyak keberagaman dan perbedaan harus memerlukan persatuan dan kesatuan.

Sikap persatuan dan kesatuan antarsesama masyarakat dilakukan demi menjaga keutuhan bangsa dan negara agar enggak terjadi perpecahan. Nah, GridKids kali ini akan membahas materi tematik kelas 6 SD tentang makna dari persatuan dan kesatuan. Perbedaan Persatuan dan Kesatuan Persatuan dan kesatuan juga memiliki perbedaan, Kids. Persatuan adalah proses dalam keadaan membentuk masyarakat untuk bersatu, sedangkan kesatuan adalah wujud bersatunya masyarakat yang sudah terbentuk.Baca Juga: Kelas 6 SD Tema 9: Contoh Peristiwa yang Menggambarkan Persatuan dan Kesatuan

Makna Persatuan dan Kesatuan

Ada tiga makna penting yang terdapat dalam persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia.

Berikut adalah makna persatuan dan kesatuan, yaitu: 1. Menjalin rasa kepercayaan, kebersamaan dan saling melengkapi demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 2. Berupaya untuk saling menghargai satu sama lain antarsesama bangsa dengan rasa kemanusiaan sehingga bisa tercapai kehidupan yang harmonis. 3. Menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, tolong menolong, dan nasionalisme antarbangsa sehingga dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Contoh Soal 1. Jelaskan apa makna dari persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia! Jawab: Baca Juga: Kelas 6 SD Tema 9: Perbedaan Gerhana Matahari Sebagian, Cincin dan Total

Persatuan dan kesatuan bangsa yang berarti bersatunya seluruh rakyat yang terdiri dari beragam suku, budaya dan agama sebagai satu bangsa Indonesia.

2. Mengapa bangsa Indonesia harus menjaga persatuan dan kesatuan? Jawab: Bangsa Indonesia memiliki banyak keberagaman suku yang harus selalu dijaga agar terhindar dari konflik dalam masyarakat. Dengan persatuan dan kesatuan, tujuan bangsa Indonesia bisa tercapai. Nah, itu dia materi tematik kelas 6 SD yang membahas tentang apa saja makna dari persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia.

Pertanyaan: Jelaskan apa makna dari persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia!
Petunjuk: Cek di halaman 3

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.