Find Us On Social Media :

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Sebaiknya Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan agar tidur jadi lebih nyenyak.

GridKids.id - Tidur menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan manusia agar tubuh dapat beristirahat. Selain itu, tidur juga bisa memperbaiki sel-sel rusak yang ada di dalam tubuh kita. Maka dari itu, tidur yang cukup kita dapat menjaga kesehatan tubuh. Idealnya, tidur membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam setiap harinya. Tetapi, enggak hanya tidur yang cukul saja, namun juga kita membutuhkan tidur yang berkualitas. Adapun beberapa kebiasaan buruk yang menurunkan kualitas tidur seperti berikut ini. 1. Lampu menyala saat tidur Lampu yang masih menyala saat kita tidur ternyata dapat memengaruhi kualitas tidur kita. Hal ini dikarenakan cahaya yang dapat memengaruhi jumlah melatonin sehingga akan memicu gangguan tidur.Baca Juga: 6 Manfaat Konsumsi Cokelat Putih, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Maka dari itu, sebelum tidur pastikan kamar dalam kondisi gelap dan tenang. Selain itu, penelitian mengatakan bahwa kurang tidur dapat memicu obesitas. 2. Tidur di sebelah ponsel Ponsel memiliki radiasi yang dapat mengurangi kualitas tidur yang juga bisa mengakibatkan tubuh terasa lelah dan lesu saat bangun. Ponsel juga memancarkan cahaya biru yang enggak baik bagi penglihatan dan otak. Cahaya biru dapat mengurangi kadar melantonin tubuh yang merupakan hormon alami untuk mengontrol siklus bangun dan tidur. 3. Makan sebelum tidur Makan makanan berlemak sebelum tidur juga bisa menyebabkan refluks asam, gangguan pencernaan, obesitas dan gangguan tidur. Jika lapar di malam hari, cobalah konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan yang bisa membuat perut kenyang.

Baca Juga: Layak Dicoba, Ini 4 Alasan Orang Jepang Tidur Beralaskan Futon

4. Minum kopi sebelum tidur

Minum kopi sebelum tidur juga sebaiknya enggak boleh dilakukan lagi karena dapat mengganggu kualitas tidur. Kafein di dalam kopi membuat tubuh menjadi merasa waspada sehingga kita akan kesulitan untuk tidur. Waktu terbaik untuk minum kopi adalah di pagi dan siang hari dan maksimal enam jam sebelum beranjak tidur. 5. Olahraga sebelum tidur Olahraga hingga larut malam bisa berdampak buruk pada kesehatan dan mengganggu siklus tidur. Olahraga sebelum tidur bisa meningkatkan tubuh dan menstimulasi sistem saraf yang menyebabkan gangguan tidur. Jadi lebih baik disarankan untuk berolahraga maksimal dia jam sebelum tidur. Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan agar tidur jadi lebih nyenyak.

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.