Find Us On Social Media :

Peran dan Pentingnya Integrasi Nasional bagi Bangsa Indonesia

Peran dan Pentingnya Integrasi Nasional

GridKids.id - Untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia diperlukan adanya integrasi nasional. Nah, kali ini GridKids akan membahas tentang peran dan pentingnya integrasi nasional. Apakah sebelumnya kamu sudah pernah mendengar istilah integrasi nasional? Integrasi nasional merupakan sebuah proses persatuan orang-orang dari berbagai wilayah berbeda. Perbedaan yang dimaksud adalah etnis, latar belakang ekonomi, budaya sosial yang menjadi satu bangsa terutama karena adanya pengalaman sejarah dan politik yang sama.

Pengertian Integrasi Nasional

Integrasi nasional merupakan proses penyesuaian dan penyatuan berbagai unsur keberagaman budaya Indonesia hingga terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. Integrasi nasional ini juga disebut sebagai usaha dan proses penyatuan berbagai perbedaan dalam suatu negara. Hal ini bertujuan untuk menjaga keserasian dan keselarasan secara nasional dapat tercipta.

Baca Juga: Apa Saja Tahapan Perjanjian Internasional? Ini Penjelasannya

Integrasi nasional samgat penting untuk menciptakan keselarasan bangsa di tengah masyarakat yang sangat beragam.

Integrasi nasional merupakan bersatunya bangsa yang menempati wilayah tertentu di dalam negara berdaulat. Integrasi nasional dapat dilihat dari berbagai aspek, yakni: 1. Aspek ekonomi, yaitu saling ketergantungan ekonomi antar daerah yang bekerja sama secara sinergis. 2. Aspek politik

3. Aspek sosial budaya, termasuk hubungan antarsuku, antargolongan dan antarlapisan. Peran dan Pentingnya Integrasi Nasional Peran dan pentingnya integrasi sosial dapat membantu menstabilkan demokrasi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membangun bangsa dan dan memberi semua hak dan kewajiban pada rakyat.

Negara seperti Indonesia yang memiliki masyarakat beragam dan populasi besar, memiliki tugas yang lebih sulit untuk dicapai.Baca Juga: Materi PKn Kelas 9 SMP: Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Bela Negara

Ketika integrasi nasional terjadi, individu memiliki kemungkinan untuk bekerja sama membangun sistem yang meningkatkan kemakmuran rakyat dan bangsanya. Beberapa hal juga dapat menghalangi integrasi nasional seperti perpecahan agama atau politik dan hambatan komunikasi antar warga. Nah, itulah penjelasan tentang peran dan pentingnya integrasi nasional serta pengertiannya yang harus kita ketahui sebagai warga negara Indonesia.

Apa saja berbagai aspek dari integrasi nasional?
Jawaban di halaman 2

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.