Find Us On Social Media :

Apa Saja Sinar Istimewa yang Ada pada Cermin Cembung? Ini Penjelasannya

Sinar Istimewa pada Cermin Cembung

GridKids.id - Kamu pasti sering melihat kaca spion yang ada di kendaraan motor atau mobil.

Kaca spion merupakan salah satu contoh dari cermin cembung, Kids. Apakah kamu tahu apa itu cermin cembung? Secara singkat, cermin cembung adalah cermin yang memiliki bagian permukaan melengkung ke luar. Pembentukan bayangan pada cermin ini bergantung pada sinar istimewanya. Lalu, apa saja sinar istimewa pada cermin cembung? Cermin cembung merupakan cermin sferis bersamaan dengan dengan cermin cekung. Cermin cembung memiliki permukaan pantul yang menggelembung. Hal inilah yang membuat pemantulan bayangan oleh cermin cembung yang berbeda dengan cermin datar. Baca Juga: Perlu Diketahui, Ini 5 Macam Sinyal SOS yang Dibutuhkan dalam Keadaan Darurat

Nah, untuk mengetahui apa saja konsep dasar pembentukan bayangan cermin cembung, simaklah tiga sinar istimewa cermin cembung di sini!

1. Sinar Istimewa 1 Sinar istimewa 1 terbentuk dari sinar datang yang sejajar dengan sumbu utama. Sinar datang yang sejajar dengan sumbu utama dipantulkan seolah berasal dari titik fokusnya. Titik fokus (F) berada di bagian belakang cermin, sehingga panjang fokus cermin cekung bernilai negatif.

Sinar pantul berwarna oranye adalah pemanjangan dari sinar datang yang dipantulkan fokus berwarna jingga. 2. Sinar Istimewa 2 Sinar istimewa 2 terbentuk dari sinar datang yang mengarah ke titik fokus cermin cembung. Jalannya sinar istimewa ini menuju titik fokus dan akan dipantulkan sejajar dengan sumbu utamanya. Baca Juga: Contoh Cermin Cembung yang Sering Ditemukan dalam Kehidupan Sehari-hari

Sinar pantulnya yang berwarna orange sejajar dengan garis normal atau sumbu optiknya. 3. Sinar Istimewa 3

Sinar istimewa 3 terbentuk dari sinar datang yang mengarah ke titik pusat kelengkungan cermin. Setiap sinar yang mengenai pusat kelengkungan cermin mengikuti hukum pemantulan dengan membentuk sudut yang sama. Sudut datang sinar akan sama dengan sudut pantulannya sehingga, sinar pantul sejajar dengan sinar datang dan berlawanan arah. Sinar datang berwarna merah akan menuju ke arah (R) dan sejajar dengan sinar pantulannya yang berwarna oranye.

Itulah pembahasan tentang apa saja sinar istimewa yang ada pada cermin cembung yang membuat pantulan cahaya.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.