Find Us On Social Media :

Kelas 6 SD Tema 9: Contoh Peristiwa yang Menggambarkan Persatuan dan Kesatuan

Contoh peristiwa yang menggambarkan persatuan dan kesatuan, materi kelas 6 SD tema 9

GridKids.id - Pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini, kamu akan mempelajari tentang nilai persatuan dan kesatuan.

Pada materi sebelumnya, kita juga telah membahas apa saja nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, apakah kamu masih ingat apa arti dari nilai persatuan dan kesatuan? Makna kata persatuan menurut KBBI, yaitu gabungan ikatan kumpulan dari beberapa bagian yang telah bersatu dalam perserikatan. Sementara itu, kesatuan berarti satu sifat tunggal keesaan satuan. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia merupakan semangat untuk bebas, merdeka dan berdaulat.

Untuk mencapai persatuan dan kesatuan, bukanlah hal yang mudah bagi bangsa Indonesia. Semua itu membutuhkan perjuangan, materi, waktu dan tenaga demi mencapai persatuan dan kesatuan. Bahkan sejarah juga mencatat bahwa banyak para pahlawan yang berjuang tanpa pamrih demi perjuangan bangsa dan negara.Baca Juga: Kunci Jawaban 'Waktu dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari', Kelas 6 SD Tema 9

Maka dari itu, kita sebaiknya harus menghargai perjuangan para pahlawan. Sikap persatuan dan kesatuan memiliki arti yang sangat penting bagi kemerdekaan negara Indonesia. Adapun contoh peristiwa yang menggambarkan nilai persatuan dan kesatuan, yaitu:

1. Ayah membantu kita dalam mengerjakan tugas sekolah, agar kita jadi lebih mudah paham, sehingga tugas kita jadi lebih cepat diselesaikan. 2. Membantu ibu membersihkan rumah, sehingga ibu akan merasa senang dibantu dan kita juga dapat merasakan hal yang sama.

3. Membantu kakak mengerjakan pekerjaan di rumah seperti mencuci piring setelah makan. Dengan begitu, kakak akan senang karena pekerjaannya telah dibantu. Contoh Soal 1. Coba sebutkan salah satu contoh peristiwa yang menggambarkan pelaksanaan nilai persatuan dan kesatuan!Baca Juga: Kunci Jawaban 'Sebutkan Dampak Positif Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri', Kelas 6 SD Tema 9

Jawab: - Membantu kakak mengerjakan pekerjaan di rumah seperti mencuci piring setelah makan. Dengan begitu, kakak akan senang karena pekerjaannya telah dibantu. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang contoh peristiwa yang menggambarkan nilai persatuan dan kesatuan.

Pertanyaan: sebutkan salah satu contoh peristiwa yang menggambarkan pelaksanaan nilai persatuan dan kesatuan!
Petunjuk: Cek di halaman 3

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.