Find Us On Social Media :

Apa Saja Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia? Ini Penjelasannya

Apa saja akibat keberagaman masyarakat Indonesia dan contoh peristiwanya.

 

GridKids.id - Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam macam suku bangsa, adat istiadat, bahasa, dan agama yang berbeda-beda.

Keanekaragaman ini terdapat dalam berbagai wilayah mulai dari Sabang hingga Merauke. Kali ini, kita akan membahas tentang apa saja akibat keberagaman masyarakat Indonesia. Keberagaman masyarakat ini juga merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa lain. Tetapi yang perlu diketahui juga adalah keberagaman yang dapat menimbulkan masalah akibat dari perbedaan suku, ras, agama dan budaya. Lalu, apa saja akibat keberagaman masyarakat Indonesia?

1. Adanya kecemburuan sosial Akibat dari keberagaman masyarakat Indonesia, salah satunya adanya kecemburuan sosial. Berikut beberapa contoh konfliknya, antara lain:

Baca Juga: Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Konflik Sosial dalam Masyarakat

- Peristiwa di Tasikmalayah yang disebabkan karena adanya kecemburuan sosial penduduk pribumi terhadap masyarakat Tionghoa.

- Peristiwa di Sambas yaitu konflik yang disebabkan karena perbedaan etnis antara suku Dayak dan suku Madura. - Peristiwa di Aceh dan Papua yang merupakan konflik sosial karena perbedaan kepentingan politik antara pemerintahan lusat dan masyarakat. 2. Adanya pertentangan antar budaya

Pertentangan antarbudaya ini akan timbul jika enggak bisa ditangani dengan tepat. Bangsa Indonesia yang memiliki beragam suku bangsa dan budaya ini juga bisa diwarnai konflik antarbudaya. Hal ini pernah terjadi karena timbulnya kerusakan sosial seperti yang terjadi di Jakarta, Ambon, Tasikmalaya, Aceh dan daerah lain. 3. Adanya perubahan nilai budaya karena globalisasi Adanya perubahan nilai-nilai budaya karena globalisasi juga bisa memicu timbulnya konflik sosial budaya dalam masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Upaya Penyelesaian Konflik dengan Integrasi dan Reintegrasi Sosial, Materi Sosiologi Kelas 11 SMA

Misalnya Jakarta sebagai ibu kota Indonesia yang kerap diwarnai peristiwa kerusuhan sosial, contohnya peristiwa Tanjung Priuk. 4. Adanya sentimen kedaerahan Konflik lainnya yang ditimbulkan karena keberagaman masyarakat adalah adanya sentimen kedaerahan. Misalnya kerusakan sosial yang terjadi di Jakarta antara suku Betawi sebagai penduduk asli dengan suku Madura sebagai pendatang. Itulah pembahasan tentang apa saja akibat keberagaman masyarakat Indonesia serta contohnya. Untuk menghindari adanya konflik, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kedamaian dan saling menghargai sesama.

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.