Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban 'Waktu dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari', Kelas 6 SD Tema 9

Kunci Jawaban 'Waktu dan Proses Terjadinya Gerhana Matahari', Kelas 6 SD Tema 9

 

GridKids.id - Dalam materi kelas 6 SD tema 9 kali ini, kamu akan belajar tentang waktu dan proses terjadinya gerhana matahari.

Namun sebelum itu, simaklah materinya terlebih dahulu. Setelahnya, kamu dapat mengerjakan soalnya. Gerhana Matahari Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang mana matahari tertutup oleh bulan. Saat itulah posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis yang lurus. Saat terjadi gerhana matahari, bumi akan jadi cenderung gelap. Walaupun gerhana matahari terjadi di pagi, siang atau sore, bumi akan terlihat seperti malam hari. Gerhana matahari jadi satu di antara fenomena alam yang langka, lo. Hal ini juga menjadikan banyak orang yang mengabadikan momen berharga karena gerhana matahari hanya akan dijumpai sekitar puluhan dan bahkan ratusan tahun.Baca Juga: Kunci Jawaban 'Pengaruh Modernisasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan', Kelas 6 SD Tema 9

Hal tersebut terjadi karena bumi yang berevolusi mengitari matahari dan bulan yang berkedudukan sebagai satelit bumi.

Satelit bumi akan bergerak mengitari bumi setiap harinya yang biasa disebut dengan revolusi bulan. Karena sama-sama berputar mengelilingi target masing-masing, bisa saja suatu saat ketiganya berada dalam satu garis lintasan lurus. Gerhana matahari juga akan terjadi pada saat bulan baru yang mana piringan bulan akan menutupi piringan matahari. Gerhana matahari juga terjadi jika Bumi berada di daerah umbra dan mengalami gerhana matahari total. Bumi yang berada di daerah penumbra akan mengalami gerhana matahari sebagian atau parsial. Contoh Soal 1. Coba jelaskan waktu dan proses terjadinya gerhana matahari! Jawab:

Baca Juga: Kunci Jawaban 'Macam-Macam Pergerakan Bulan', Kelas 6 SD Tema 9

Gerhana matahari akan terjadi saat bulan melintas langsung di antara matahari dan bumi dan bayangannya jatuh ke permukaan bumi.

Ukuran bulan yang lebih kecil dapat melindungi cahaya matahari sepenuhnya. Bulan memiliki jarak rata-rata jarak 384.400 km dari Bumi, yang mana lebih dekat dibandingkan dengan matahari yang memiliki jarak 149.680.000 kilometer. Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9, yaitu mencari kunci jawaban tentang waktu dan proses terjadinya gerhana matahari.

Pertanyaan: Jelaskan waktu dan proses terjadinya gerhana matahari!
Petunjuk: Cek di halaman 3

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.