Find Us On Social Media :

Penting Diketahui, Ini 5 Penyebab Usus Buntu serta Cara Mencegahnya

Ketahui beberapa penyebab usus buntu

 

GridKids.id - Apakah kamu pernah mengalami sakit usus buntu, Kids? Hampir semua orang pasti pernah mengalami penyakit yang harus diwaspadai ini. Kali ini GridKids akan membagikan ulasan penyebab usus buntu yang penting diketahui. Usus buntu merupakan kantong yang berbentuk jari yang terletak di perut kanan bagian kanan. Peradangan usus buntu kerap dialami orang yang berusia 10 sampai 30 tahun. Gejala usus buntu yang paling utama adalah sakit perut bagian kanan bawah. Rasa sakit ini bermula dari sekitar pusar dan menjalar ke perut bagian bawah.

Nyeri pada usus buntu terasa semakin parah terutama jika pengidap batuk, berjalan atau melakukan gerakan yang menekan perut. Usus buntu juga menyebabkan bagian tubuh lainnya meradang seperti mual, muntah, kehilangan selera makan, demam, sembelit, diare, dan perut kembung.

Baca Juga: Bukan Cuma Makanan Pedas, Ini Kebiasaan Buruk Penyebab Usus Buntu

Penyebab Usus Buntu

Ada beberapa penyebab peradangan atau infeksi penyebab usus buntu, yaitu: 1. Adanya penyumbatan di lapisan penghubung usus buntu ke usus. 2. Cedera atau trauma di perut. 3. Adanya penyakit radang usus. 4. Adanya infeksi saluran pencernaan. 5. Adanya tumor atau pertumbuhan sel abnormal di usus buntu. Penyumbatan di usus buntu bisa menyebabkan infeksi usus buntu meradang. Jamur, bakteri dan virus berkembang biar dengan cepat sehingga menyebabkan peradangan.

Baca Juga: Macam-Macam Gejala Usus Buntu, Kenali Sejak Dini Sebelum Parah

Peradangan inilah yang membuat usus buntu jadi membengkak dan berisi nanah. Lalu, bagaimana cara mencegah usus buntu? Diketahui hingga saat ini, belum ada penelitian yang dapat membuktikan beberapa perubahan gaya hidup yang dapat mencegah usus buntu. Tetapi, orang-orang yang rajin mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah cenderung jarang mengalami usus buntu. Untuk mencegah usus buntu kamu tetap disarankan untuk enggak mengonsumsi gula secara berlebih. Nah, itulah beberapa penyebab usus buntu serta cara mencegahnya yang penting untuk diketahui.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.