Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban 'Semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam Lambang Negara Indonesia, Kelas 6 SD

Mengapa semboyan Bhinneka Tunggal Ika diletakkan dalam lambang negara Indonesia? Kelas 6 SD Tema 9

 

GridKids.id - Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu yang ada di dalam sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Nah, materi tematik kelas 6 SD tema 9 kali ini kamu akan mempelajari tentang semboyan Bhinneka Tungga Ika.

Setelah memahami isi materinya, kamu bisa mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya. Seperti yang sering kamu lihat bahwa lambang negara Indonesia adalah burung garuda yang membawa perisai berbentuk jantung yang digantung pada bagian leher. Di kaki burung garuda mencengkeram pita putih yang bertuliskan semboya Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika sendiri adalah semboyan negara Indonesia yang berasald ari bahasa Sansekerta.

Bahasa Sansekerta merupakan bahasa yang jamak digunakan pada masa kerajaan Nusantara. Semboyan ini sendiri memiliki makna yaitu meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Tahukah kamu, bahwa lambang negara kita dirancang oleh Pak Syarif Hamid dari Ponitianak.Baca Juga: Mengidentifikasi Kata-Kata Kiasan Dalam Puisi 'Keindahan Alam', Kelas 6 SD Tema 9

Lalu, lambang negara Indonesia direskikan pada sidang kabinet Republik Indonesia Serikat (RIS) pada 11 Februari 1950.

Penggunaan lambang negara Garuda Pancasila telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 34/1958. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika diletakkan di cengkeraman kaki Garuda Pancasila yang memiliki arti sebagai berikut: 1. Garuda Pancasila memiliki peranan kuat sebagai pedoman negara dan senantiasa memegang erat Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi persatuan di tengag keberagaman. 2. Garuda Pancasila bisa menjadi pengingat agar ke mana pun kita melangkah harus menjadi saksi bahwa keberagaman bukan sebagai pemicu perpecahan. Contoh Soal 1. Mengapa semboyan Bhinneka Tunggal Ika diletakkan dalam lambang negara Indonesia? Jawab: Bhinneka Tunggal Ika yang terdapat di dalam lambang negara yaitu burung Garuda yang diartikan sebagai perwujudan persatuan dan kesatuan Indonesia di tengah keberagaman.

Baca Juga: Mencari Jawaban 'Apa Saja Hak Masyarakat yang Belum Terpenuhi saat Sungai Tempat Tinggalnya Dipenuhi dengan Sampah'? Kelas 6 SD

2. Sebutkan apa saja makna penting persatuan dan kesatuan bagi kehidupan bangsa Indonesia! Jawab: - Menjalin rasa nasionalisme, kekeluargaan dan gotong royong. - Perwujudan hidup bertoleransi dan menghargai sesama.

Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 yaitu mencari kunci jawaban mengapa semboyan Bhinneka Tunggal Ika diletakkan dalam lambang negara Indonesia.

Pertanyaan : Mengapa semboyan Bhinneka Tunggal Ika diletakkan dalam lambang negara Indonesia?

Petunjuk: Cek di halaman 2.

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.