Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban Ciri-Ciri Masyarakat Modern, Kelas 6 SD Tema 9

Kunci Jawaban Ciri-Ciri Masyarakat Modern, Kelas 6 SD Tema 9

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 9. Kamu akan mempelajari tentang ciri-ciri masyarakat modern beserta kunci jawabannya. Namun sebelum itu, kamu diminta untuk memahami isi materinya terlebih dahulu.

Kids, seiring berkembangnya zaman, membuat setiap masyarakat bergantung pada teknologi dan ilmu pengetahuan yabg semakin maju. Karena itulah banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk menciptakan beragam inovasi canggih. Hal inilah yang disebut sebagai masyarakat modern seperti kita saat ini. Masyarakat modern merupakan sekelompok masyarakat yang memiliki orientasi nilai kehidupan dan budaya yang terarah pada masa kini. Pada umumnya, masyarakat modern ini memiliki wawasan atau pola pikir rasional dan lebih maju di bidang Iptek, teknologi atau sebagainya. Berikut adalah ciri-ciri masyarakat modern, yaitu:Baca Juga: Mengidentifikasi Kata-Kata Kiasan Dalam Puisi 'Keindahan Alam', Kelas 6 SD Tema 9

1. Mode Pakaian Masyarakat modern bisa terlihat dari cara berpakaiannya. Gaya berbusana masyarakat modern biasanya lebih variatif dengan tuntutan zaman yang lebih maju. Ada banyak beranekaragam model pakaian marayaraka modern karena mereka bersikap terbuka pada budayya serta ideologi berbusana yang berkembang di wilayahnya.

2. Heterogen

Heterogen adalah proses penerimaan hal hal baru yang memengaruhi kehidupan masyarakat modern dengan segala keberagaman di aspek kehidupan. Sikap yang terbuka inilah yang membuat masyarakat jadi makin terbuka dengan budaya maupun paham antar masyarakat. 3. Mobilitas yang Tinggi Tingkat pendidikan yang tinggi dapat mendorong peluang kerja serta mendorong mobilitias masyarakatnya jadi lebih tinggi.Baca Juga: Mencari Jawaban 'Apa Saja Hak Masyarakat yang Belum Terpenuhi saat Sungai Tempat Tinggalnya Dipenuhi dengan Sampah'? Kelas 6 SD

4. Konsep Perencanaan

Masyarakat modern pada umumnya menerapkan adanya konsep perencanaan yang matang untuk kehidupannya. Hal ini bertujuan untuk memperoleh hasil maksimal dan lebih meminimalisasi kegagalan. 5. Lebih individualis Sikap individualis terlihat pada masyarakat modern. Yang mana mereka akan cenderung mementingkan kepentingan diri sendiri dibanding kepentingan umum. Contoh Soal 1. Sebutkan apa saja ciri-ciri masyarakat modern! Jawab: - Dilihat dari mode pakaiannya.

Baca Juga: Mencari Jawaban 'Isi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009', Kelas 6 SD Tema 8

- Masyarakat yang heterogen. - Mobilitas yang tinggi. - Memiliki konsep perencanaan. - Lebih individualis. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang ciri-ciri masyarakat modern serta kunci jawabannya.

Pertanyaan: Apa saja ciri-ciri masyarakat modern?

Petunjuk: Cek lagi halaman 2

Baca Juga: Mencari Jawaban 'Apa yang Terjadi Jika Ada Benda Langit yang Bergerak Tak Mengikuti Aturan?' Kelas 6 SD

 ----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.