Find Us On Social Media :

Pengertian dan Jenis-Jenis Notasi Balok yang Sering Digunakan Dalam Seni Musik

Pengertian dan jenis-jenis notasi balok

GridKids.id - Kali ini GridKids akan membagikan materi tentang notasi balok yang sering digunakan dalam seni musik. Apakah kamu sudah tahu apa itu notasi balok? Notasi balok digunakan untuk menyatakan tinggi rendahnya suatu nada lewat lambang atau gambar. Tiap lambang menunjukkan ketinggian nada dan durasi yang berbeda sehingga notasi balok masih menjadi notasi musik yang sering digunakan. Pengertian Notasi Balok Notasi balok merupakan sistem penulisan lagu atau karya musik lain yang dituangkan dalam bentuk lambang atau gambar. Notasi balok ditulis di garis paranada, lima buah garis sejajar yang sama panjang. Tiap nada dan ketukan memiliki lambang notasi yang berbeda. Baca Juga: Ciri-Ciri Lagu yang Bertangga Nada Mayor, Jawaban Materi Kelas 5 SD Tema 8

Jenis Notasi Balok 

Notasi balok dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Notasi penuh (whole)

Notasi penuh dilambangkan dengan bulatan kosong. Notasi ini merupakan notasi yang memiliki nada empat ketukan. 2. Not setengah (1/2)

Jenis notasi setengah dilambangkan dengan bulatan kosong dan tiang di bagian atasnya. Notasi jenis ini memiliki jumlah nada dua ketuk saja. 3. Not satu per empat (1/4) Notasi satu per empat digambarkan dengan bulatan hitam dan tiang di bagian atasnya. Notasi ini memiliki jumlah nada satu ketukan saja.Baca Juga: Contoh Lagu Daerah dengan Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor

4. Not satu per delapan (1/8) Not satu per delapan adalah jenis notasi dengan jumlah nada 1/2 ketukan.

Not jenis ini dilambangkan dengan bulatan hitam dengan tiang dan satu bendera di atasnya. 5. Not satu per enam belas (1/16) Notasi jenis ini memiliki jumlah nada 1/4 ketukan dan dilambangkan dengan bulatan hitam dengan tiang dan dua bendera di bagian atas. 6. Not satu per tiga puluh dua (1/32) Jenis notasi balok yang satu ini memiliki nada 1/8 ketukan dan digambarkan dengan bulatan hitam dengan tiang serta tiga bendera di atasnya. Nah, itu dia pembahasan tentang pengertian dan jenis-jenis notasi balok yang sering digunakan dalam seni musik.

Baca Juga: Mengenal Tempo dan Tinggi Rendah Nada, Materi Kelas 4 SD Tema 6

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.