Find Us On Social Media :

Mengidentifikasi Kata-Kata Kiasan Dalam Puisi 'Keindahan Alam', Kelas 6 SD Tema 9

Mengidentifikasi kata-kata kiasan dalam puisi 'Keindahan Alam', Kelas 6 SD tema 9

 

GridKids.id - Pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 9, yang mana kamu akan mempelajari tentang puisi.

Apakah kamu masih ingat dengan puisi sebelumnya yang pernah kita bahas, Kids?

Nah, untuk mengingatnya kembali, yuk, kita simak puisi berjudul 'Keindahan Alam' berikut ini. Keindahan Alam Terdengar suara angin berhembusMenyentuh telinga dengan lembutnyaAku terpakuMelihat betapa indahnya alam ini Sunyi dan tenang yang ku rasaDengan damaiKupejamkan matakuMenikmati suasana yang sedang kurasakan SungguhAku sangat bersyukur atas alam iniTerimakasih sang penciptaYang telah memberikanku alam seindah ini Contoh Soal

1. Identifikasilah kata-kata kiasan yang ada dalam puisi 'Keindahan Alam' serta artinya!

Baca Juga: Mencari Jawaban 'Isi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009', Kelas 6 SD Tema 8

Jawab: Kata kiasan merupakan kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu dengan membandingkan atau mengumpamakan yang bukan makna sebenarnya.

Yuk, kita identifikasi satu per satu baris pada puisi 'Keindahan Alam'. - Baris pertama: Terdengar suara angin berhembus. Mendengar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan angin enggak memiliki suara. Artinya, penulis ingin merasakan ada angin di sekitarnya. - Baris kedua: Menyentuh telinga dengan lembutnya. angin digambarkan menyentuh telinga padahal kara kerja menyentuh dan lembut hanya digunakan oleh makhluk hidup saja.

Artinya, menyentuh telinga dengan lembut merupakan angin sepoi-sepoi yang mengenai telinga penulisnya. Yuk, kita cari tahu apa saja karakteristik puisi berikut ini!

Puisi merpukana jenis sastra yang bahasanya menggunakan majas-majas dengan gaya bahasa, kiasan atau penggambaran. Berikut karakteristiknya! 1. Rima atau sajak merupakan persamaan bunyi yang ada dalam baris-baris puisi. Irama merupakan keselarasan bunyi oleh pergantian penekanan kata.Baca Juga: Mencari Jawaban 'Apa yang Terjadi Jika Ada Benda Langit yang Bergerak Tak Mengikuti Aturan?' Kelas 6 SD

2. Kata kiasan yang digunakan adalah perumpamaan, contohnya buah tangan yang menggambarkan oleh-oleh. 3. Terdiri dari baris dan bait, dalam puisi satu bait biasanya terdiri lebih dari satu baris. 4. Memiliki amanat atau pesan yang ingin disampaikan, walau kadang terlihat jelas dan juga kadang harus diresapi dahulu agar isi pesannya jelas. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 yaitu mengidentifikasi kata-kata kiasan dalam puisi 'Keindahan Alam'.

Baca Juga: Mencari Jawaban pada Puisi Berjudul 'Keindahan Alam', Kelas 6 SD Tema 9

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.