Find Us On Social Media :

Mencari Jawaban 'Apa Saja Hak Masyarakat yang Belum Terpenuhi saat Sungai Tempat Tinggalnya Dipenuhi dengan Sampah'? Kelas 6 SD

Mencari jawaban 'Apa saja hak masyarakat yang belum terpenuhi saat sungai tempat tinggalnya dipenuhi dengan sampah'?, Kelas 6 SD tema 8

GridKids.id - Kids, pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 kali ini kita akan mempelajari tentang Bumi, Matahari dan Bulan.

Sebelum menjawab soal dan menemukan kunci jawabannya, kamu diminta untuk memahami isi materinya terlebih dahulu. GridKids sebelumnya telah membagikan materi tentang hak dan kewajiban menjaga lingkungan. Apakah kamu masih ingat apa saja hak dan kewajiban dalam menjaga lingkungan? Seperti yang kita tahu bahwa hak dan kewajiban menjadi suatu hal yang tak dapat terlepas dari manusia. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk menjaga kelestarian lingkungan. Bumi yang menjadi lingkungan tempat tinggal manusia telah banyak memberi manfaat bagi keberlangsungan hidup. Maka dari itu, sebagai manusia kita sudah selayaknya menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan. Hal ini dilakukan agar kita dapat memberikan kesempatan para generasi berikutnya untuk menikmati keindahan lingkungan yang kita rasakan saat ini.

Baca Juga: Mencari Jawaban 'Isi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009', Kelas 6 SD Tema 8

Semua orang tentunya memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing dalam menjaga kelestarian Bumi dan lingkungan.

Setiap manusia juga harus memahami hak dan kewajibannya dalam menjaga lingkungan. Setiap warga memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk hidup di lingkungan bersih dan sehat. Hak dan kewajiban warga negara ini harus berlangsung dengan seimbang. Sehingga untuk bisa menikmati hak hidup bersih dan sehat, semua warga harus menjalankan kewahibannya dalam menjaga lingkungan. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2009  menyatakan bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat adalah hak asasi setiap earga negara.

Hak asasi ini merupakan hak-hak dasar yang dimiliki setiap pribadi manusia sebagai anugerah Tuhan yang dibawa sejak lahir. Hak asasi dimiliki oleh setiap manusia tanpa membeda-bedakan usia, agama, status sosial maupin jenis kelamin. Contoh SoalBaca Juga: Mencari Jawaban 'Apa yang Terjadi Jika Ada Benda Langit yang Bergerak Tak Mengikuti Aturan?' Kelas 6 SD

1. Apa saja hak masyarakat yang belum terpenuhi saat sungai tempat tinggalnya dipenuhi sampah? Jelaskan! Jawab: - Sampah yang mengotori sungai, akan membuat sungai jadi kotor dan air sungai enggak bisa dikonsumsi dan dipakai oleh masyarakat di sekitarnya. - Dengan adanya sampah dinsungai, akan mengakibatkan aliran air jadi tersumbat dan berpotensi menyebabkan banjir saat hujan datang. - Sungai yang dipenuhi sampah akan menimbulkan aroma kurang sedap dan mengganggu kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8, yaitu mencari jawaban 'Apa saja hak masyarakat yang belum terpenuhi saat sungai tempat tinggalnya dipenuhi dengan sampah'?

Baca Juga: Mencari Jawaban pada Puisi Berjudul 'Keindahan Alam', Kelas 6 SD Tema 9

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.