Find Us On Social Media :

Kunci Jawaban 'Bagaimana Ekor Komet dapat Terbentuk?', Kelas 6 SD Tema 9

Kunci Jawaban Kelas 6 SD Tema 9, Bagaimana Ekor Komet dapat Terbentuk?

GridKids.id - Pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 9. Kamu akan mempelajari tentang menjelajah ruang angkasa, tepatnya ekor komet yang bisa terbentuk. Apakah kamu tahu apa itu komet, Kids?

Sebelum masuk pada soalnya, pahami dulu isi materinya, yuk! Komet Ruang angkasa merupakan ruang hampa yang berada di luar Bumi di atas atmosfer dan terdiri dari banyak sekali benda langit. Ruang angkasa terdekat dengan Bumi adalah galaksi Bimasakti yang terdapat susunan tata surya dengan pusatnya yaitu Matahari. Matahari bukanlah planet melainkan bintang yang paling terdekat dengan Bumi. Susunannya memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Matahari sebagai pusat tata surya dikelilingi oleh planet, asteroid, satelit, meteoroid dan komet.Baca Juga: Mencari Jawaban pada Teks Bacaan Nonfiksi 'Keadaan Alam Indonesia', Kelas 6 SD Tema 8

Salah satu yang menarik dibahas adalah komet. Komet adalah benda langit yang memiliki inti dari batu dan air.

Inti komet terbungkus dalam gas dan debu. Tiap kali komet mendekat ke Matahari, materi dalam inti komet akan menguap dan membentuk bola gas berwarna kebiruan dan ekornya yang berwarna putih. Materinya terdiri dari debu sepanjang jutaan kilometer. Bentuk inilah yang disebut sebagai orang Yunani sebagai Si Rambut Panjang. Dalam bahasa Yunani sendiri, Si Rambut Panjang disebut kometes yang menjadi asal-usul kata komet. Pengamatan luar angkasa juga sudah terjadi sejak zaman dulu kala, lo. Bahkan, telah diperkirakam hingga 2000 tahun sebelum Masehi.

Masyarakat Mesir kuno dan China juga mencatat adanya pergerakan Matahari, bintang dan planet. Salah satunya yang ditemukan adalah teleskop yaitu alat untuk melihat jarak jauh hingga ke angkasa yang membuat Galileo Galilei makin memperjelas bahwa Matahari merupakan pusat tata surya.

Planet-planet termasuk Bumi, akan mengelilingi matahari dalam orbitnya masing-masing. Adanya penemuan alat teleskop ini membuat perkembangan pengamatan luar angkasa jadi lebih maju dan ditemukan juga berbagai denis benda langit lainnya.Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Tanggung Jawab Menjaga Lingkungan serta Hak dan Kewajibannya

Saat tahun 1682, seorang astonomer Inggris, Edmond Halley mengamati sebuah komet. Menurutnya, ada komet yang muncul setiap 75-76 tahun sekali. Hal inilah yang membuat komet ini diberi nama Komet Halley. Komet Halley terakhir kali terlihat di tata surya pada tahun 1986 dan menurut perhitungannya, komet akan muncul pada pertengahan 2061 hingga 2062. Contoh Soal 1. Bagaimana ekor komet bisa terbentuk? Jawab: Komet terbentuk dari debu dan gas jika komet mendekati matahari.

Angin matahari akan memanaskan komet yang membuatnya jadi berwarna kebiruan berbentuk bola gas yang memiliki ekor berwarna putih.

Panas dan terpaan matahari yang membuat ekor komet selalu terlihat menjauhi matahari. Itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 9 tentang ekor komet yang menjadi salah satu benda langit berekor dengan keunikannya.

Baca Juga: Mencari Gagasan Utama dalam Paragraf 'Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam', Kelas 6 SD Tema 8

 ----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.