Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD, Tema 8: Perbedaan Meteoroid, Meteor dan Meteorit

Perbedaan Meteoroid, Meteor dan Meteorit, Materi Kelas 6 SD Tema 8

GridKids.id - Kids, pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kita kali ini telah sampai pada tema 8.

Kamu akan mempelajari tentang benda-benda langit yang ada di luar angkasa. Setelah mengerjakan soalnya dan menemukan kunci jawabannya, kamu diminta untuk memahami isi materinya terlebih dahulu. Seperti yang diketahui bahwa benda langit ada beragam macam dan jenis di luar angkasa. Seperti meteoroid, meteor dan meteorit yang dianggap sama namun ternyata memiliki perbedaan. Meteoroid, Meteor dan Meteorit Meteoroid merupakan benda langit yang ujurannya kecil dan mengelilingi matahari dalam lintasan yang enggak tetap. Hal ini tentunya berbeda dengan planet di tata surya yang bergerak secara terarur dan sesuai dengan lintasannya. Meteoroid bisa masuk ke Bumi karena berada di dalam lintasan yang enggak tepat.Baca Juga: Mencari Jawaban pada Teks Bacaan Nonfiksi 'Keadaan Alam Indonesia', Kelas 6 SD Tema 8

Meteoroid juga bisa menghantam Bumi jika terkena gaya gravitasi Bumi.

Nah, saat meteoroid telah masuk ke Bumi dan berada di atmosfer, inilah yang disebut dengan meteor. Meteor yang berada di atmosfer ini sering kali terbakar abis. Tetapi, ada juga yang enggak terbakar di atmosfer dan jatuh ke Bumi. Karena terbakar di Bumi, meteor yang jatuh akan panas dan terlihat seperti berkilauan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa meteor juga disebut sebagai bintang jatuh. Saat menghantam Bumi dan meninggalkan bekasnya, meteor disebut dengan meteorit. Ini juga yang membedakan antara ketiganya walau merupakan benda langit yang sama.Yang menjadi perbedaannya adalah lokasi di mana tempat mereka berada. Jika masih berada di luar angkasa disebut dengan meteoroid, saat masuk ke atmosfer disebut meteor, dan saat sampai di Bumi disebut meteorit.Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Tanggung Jawab Menjaga Lingkungan serta Hak dan Kewajibannya

Bekas sejarah meteorit di Bumi berada di berbagai negara, salah satunya meteorit Hoba di Namibia  daerah Afrika. Meteorit ini jatuh sekitar 80 ribu tahun yang lalu dan memiliki berat 60 ton. Untuk meteor yang paling ternama di zaman modern ini adalah meteor Chelyabinsk yang melintasi ruang udara Rusia dan meledak di angkasa tahun 2013. Diperkirakan beratnya adalah 10 ton dengan kecepatan 15 km per detik sebelum akhirnya meledak di sekitar 30-50 meter di kota Chelyabinsk, Rusia. Contoh Soal 1. Jelaskan apa saja perbedaan antara meteoroid, meteor dan meteorit? Jawab: Meteoroid, meteor dan meteorit merupakan jenis benda langit yang sama namun perbedaannya terletak pada lokasinyaook.

Saat berada di luar angkasa, disebut sebagai meteoroid, dan saat masuk ke atmosfer disebut dengan meteor, dan jika telah sampai ke Bumi disebut dengan meteorit. Kids, itulah pembahasan materi kelas 6 SD tema 8 yang menjelaskan tentang perbedaan benda langit meteoroid, meteor dan meteorit.

Baca Juga: Mencari Gagasan Utama dalam Paragraf 'Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam', Kelas 6 SD Tema 8

 ----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.