Find Us On Social Media :

Mengenal Jenis-Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsi dan Contohnya

Jenis-Jenis Alat Musik, Fungsi dan Contohnya

GridKids.id - Kids, siapa di antara kamu yang suka main musik?

Bermain alat musik menjadi salah satu hobi yang baik dan membuat kita menjadi semakin produktif. Alat musik merupakan sebuah perangkat apa pun yang menghasilkan suara musik. Beberapa di antara jenis musiknya adalah perkusi, senar, angin, elektronik, dan keyboard. Setiap alat musik juga memiliki fungsi, karakter dan bunyi yang menjadi ciri khas tersendiri sehingga akan menghasilkan warna yang berbeda. Berdasarkan fungsi, alat musik terbagi menjadi tiga yaitu harmonis, ritmis, dan melodis. Lalu, apa fungsi dari ketiga jenis alat musik di atas? Yuk, kita simak di sini!

1. Alat Musik Melodis Alat musik jenis melodis berperan untuk menciptakan sebuah melodi dalam lagu.

Baca Juga: Mencari Gagasan Pokok dari Teks 'Alat Musik Garantung dari Sumatra Utara', Materi Kelas 4 SD Tema 7

Ada berbagai jenis alat musik yang menghasilkan melodi dan caranya pun beragam seperti ditiup, ditekan, digesek, dan lainnya.

Contoh alat musik yang memiliki fungsi melodis yaitu keyboard, pianika, harmonika, biola, saksofon, dan lainnya. 2. Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis memiliki fungsi untuk mengiringi tempo dalam sebuah lagu. Ada berbagai jenis alat musik yang berfungsi untuk menghasilkan ritme serta cara memainkannya pun beragam. Contohnya seperti tamborin, gendang, drum, ketipung dan jenis lainnya. 3. Alat Musik Harmonis Alat musik harmonis memiliki fungsi untuk menciptakan harmoni dalam sebuah lagu. Ada berbagai jenis alat musik yang berfungsi untuk menghasilkan harmoni dan cara memainkannya pun beragam.Baca Juga: Ragam Budaya Jawa Tengah: Lagu, Alat Musik Khas, dan Tari Daerah

Contohnya seperti alat musik keyboard, gitar, piano, harpa, dan masih banyak lagi. Nah, perbedaan utama dari ketiga jenis alat musik ini berada pada fungsinya, Kids. Alat musik melodis hanya bisa memainkan salah satu nadanya saja. Sedangkan alat musik harmonis bisa dimainkan secara bersamaan dan nadanya muncul bersamaan saat kita mainkan. Sementara itu, untuk alat musik ritmis nadanya tetap atau kadang enggak bernada. Hal ini karena fungsinya yang hanya mrngatur tempo lagu saja.

Kids, itulah pembahasan tentang jenis-jenis alat musik berdasarkan fungsi serta contoh alat musiknya yang masing-masing memiliki ciri khas.

Baca Juga: Ragam Budaya Daerah Jawa Barat: Lagu, Tari, dan Alat Musik

-----

Ayo kunjungiadjar.iddan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.