Find Us On Social Media :

Mencari Jawaban pada Teks Bacaan Nonfiksi 'Keadaan Alam Indonesia', Kelas 6 SD Tema 8

Mencari jawaban pada teks bacaan 'Keadaan Alam Indonesia', kelas 6 SD tema 8

GridKids.id - Kids, pada pembahasan materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 8, tepatnya membaca teks 'Keadaan Alam Indonesia'. Sebelum mengerjakan soalnya, kamu diminta untuk membaca teks bacaan dengan saksama seperti di bawah ini. Teks Nonfiksi 'Keadaan Alam Indonesia'Indonesia memiliki lebih dari ribuan pulau. Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa. Lebih dari setengah (65%) penduduk Indonesia hidup di Pulau Jawa. Indonesia memiliki 5 pulau besar, yaitu Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung api. Sekitar 130 di antaranya termasuk gunung api aktif. Sebagian dari gunung api terletak di dasar laut dan tidak terlihat di permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan dua rangkaian gunung api aktif. Selain itu, terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia. Indonesia mempunyai iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin muson barat dan muson timur. Dari bulan November hingga Mei, angin bertiup dari arah barat laut. Angin ini membawa banyak uap air sehingga pada bulanbulan tersebut Indonesia mengalami musim hujan. Bulan Juni hingga Oktober, angin bertiup dari tenggara. Angin ini bersifat kering sehingga pada bulanbulan tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau. Suhu udara di dataran rendah Indonesia berkisar antara 23° Celsius sampai 28° Celsius sepanjang tahun. Namun, suhu juga sangat bervariasi. Rata-rata mendekati 40° Celsius pada musim kemarau di lembah Palu, Sulawesi dan di Pulau Timor.

Suhu di bawah 0° Celsius di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Terdapat salju abadi di puncak-puncak pegunungan di Papua,seperti puncak Trikora (G.Wilhelmina, 4.730 m) dan Puncak Jaya (G. Carstenz, 5.030 m).

Baca Juga: Mencari Gagasan Utama dalam Paragraf 'Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam', Kelas 6 SD Tema 8

Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 milimeter setahun. Daerah dengan curah hujan rata-rata tinggi sepanjang tahun adalah Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, sebagian Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Delta Memberamo di Papua.

Contoh Soal 1. Teks bacaan di atas adalah salah satu contoh dari teks nonfiksi. Jelaskan apa pengertian teks nonfiksi! Jawab: Pengertian Karangan Nonfiksi Karangan nonfiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Tulisan nonfiksi biasa berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah dan sebagainya. Bahasa karangan nonfiksi bersifat denotatif dan menunjukkan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga enggak bermakna ganda. Nonfiksi dibagi menjadi 2, yaitu:Baca Juga: Kunci Jawaban Teks Nonfiksi 'Bulan dan Gerakannya', Kelas 6 SD Tema 8

- Nonfiksi murni yang berisi pengembangan berdasarkan data-data autentik.

- Nonfiksi kreatif berawal dari data autentik dan dikembangkan sesuai imajinasi penulisnya yang pada umumnya dalam bentuk novel, puisi dan prosa. 2. Temukanlah informasi penting dari teks bacaan di atas! Jawab: - Indonesia memiliki ribuan pulau dan ratusan gunung api.

- Suhu udara di dataran rendah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celcius hingga 28 derajat Celcius di sepanjang tahun. - Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 milimeter setahun. Nah, itulah pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 yaitu mencari jawaban pada teks bacaan 'Keadaan Alam Indonesia'.

Baca Juga: Kunci Jawaban Pengelompokan Planet dalam Tata Surya, Kelas 6 SD

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.