Find Us On Social Media :

Conditional Sentence Type 3: Pengertian dan Contoh Kalimatnya

Pengertian dan Contoh Kalimat Conditional Sentence Type 3

GridKids.id - Kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan contoh kalimat conditional sentence type 3.

Apakah kamu tahu apa itu conditional sentence, Kids? Conditional sentence merupakan kalimat majemuk yang memiliki sebuah kondisi imajinasi, pengandaian atau hal yang belum pernah terjadi. Pengandaian yang diungkapkan bisa terwujud atau enggak terwujud sekali pun. Conditional sentence terdiri dari independent clause dan dependent clause yang biasanya dimulai kata 'if' atau jika. Kalimat ini terdiri dari kedua klausa yang bisa disebut conditional sentence. Namun, ada beberapa kalimat yang bisa saja diawali kata 'when' atau kapan. Bentuk dari conditional sentence adalah if clause + main clause. If clause merupakan klausa dan bagian dari pengandaian. Sedangkan main clause adalah kalimat yang berisi konsekuensi dari kondisi pengandaian di awal kalimat. Formulanya juga dapat dibalik menjadi main clause + if clause.

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 10, Jenis dan Struktur Announcement Text

Pengertian Conditional Sentence Type 3

Setelah kamu memahami apa itu conditional sentence, kamu juga perlu memahami beberapa tipenya, salah satunya adalah conditional sentence type 3.

Conditional sentence type 3 merupakan kalimat pengandaian yang digunakan saat ingin mengungkapkan kondisi yang enggak mungkin bisa terwujud. Conditional sentence type 3 ini juga mengungkapkan sesuatu yang berlawanan dengan yang sudah terjadi di masa lampau. Conditional sentence type 3 digunakan past perfect tense dan modal auxiliary (would, should, could). Rumusnya yaitu: If + past perfect, future perfect Future perfect + if + past perfect Contoh kalimat conditional sentence type 3Baca Juga: Kosakata dalam Bahasa Inggris yang Sering Diucapkan saat Travelling

If my grades were good, I would have gotten a better job. = Jika nilai-nilaiku bagus, aku pasti sudah mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Dari contoh kalimat di atas, bisa diketahui bahwa di penutur enggak memiliki nilai yang bagus dalam masa studinya dan saat jni enggak mendapatkan pekerjaan yang menurutnya baik. - If I had worked harder I would have passed the exam. (Tetapi, saya tak bekerja keras dan saya tak lulus ujian.) Dari contoh di atas, penutur mengatakan bahwa selama ujian ia enggak berusaha keras sehingga ia enggak lulus ujian. Nah, itulah pengertian dan contoh kalimat conditional sentence type 3 yang mudah kamu pahami dan pelajari.

Baca Juga: Peringkat Kemampuan Bahasa Inggris Negara di ASEAN, Nomor Berapa Indonesia?

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.