Find Us On Social Media :

Materi Kelas 6 SD: Mengenal Kebudayaan Vietnam yang Dipengaruhi Oleh Kebudayaan Tiongkok

Materi kelas 6 SD tema 8, Mengenal kebudayaan Vietnam yang dipengaruhi oleh kebudayaan Tiongkok.

GridKids.id - Kids, pada materi tematik kelas 6 SD kali ini kita telah sampai pada tema 8.

Sebelumnya GridKids telah membahas tentang negara-negara di Asia Tenggara seperti Singapura dan Thailand. Nah, kali ini kamu akan mempelajari tentang negara Vietnam yang juga termasuk dalam anggota ASEAN. Setelah mempelajari materinya, kamu juga diminta untuk mengerjakan soalnya. Untuk itu, kita simak dulu apa saja fakta-fakta menarik dari negara Vietnam. Tahukah kamu, bahwa Vietnam memiliki julukan yaitu negara naga biru. Hal ini dikarenakan bentuk geografis Vietnam yang menyerupai naga, Kids.

Kebudayaan Vietnam juga telah banyak mendapat pengaruh dari kebudayaan Tiongkok. Hal ini terjadi karena secara geografis, Vietnam berbatasan darat dengan Tiongkok.Baca Juga: Kelas 6 SD Tema 8: Mengapa Singapura Enggak Memiliki Sektor Perdagangan dan Pertambangan?

Enggak hanya itu saja, pada masa lalu Vietnam juga pernah dikuasai oleh Tiongkok selama 1000 tahun. Vietnam adalah negara di ASEAN yang dilewati oleh sungai Mekong. Negara Vietnam juga termasuk dalam negara produsen beras terbesar di dunia. Selain beras, negara ini juga menjadi negara pengekspor biji kopi terbesar kedua di dunia.

Enggak hanya itu saja, Vietnam juga berhasil memiliki situs warisan dunia UNESCO yaitu Ha Long Bay. Ha Long Bay merupakan gugusan pulau yang terdiri atas 1600 pulau besar dan pulau kecil yang membentuk gundukan batuan kapur putih. Walau menakjubkan, pulau ini enggak bisa dihuni karena kering dan tandus. Kamu hanya bisa menikmati keindahannya dengan menggunakan perahu yang mengelilingi sekitar pulau. Nah, setelah tahu tentang materinya kamu dapat mengerjakan soal di bawah ini, ya!

Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Alasan Mengapa Pertanian Jadi Sektor Utama Mata Pencaharian di Thailand

Contoh Soal

1. Mengapa kebudayaan Vietnam dapat dipengaruhi oleh kebudayaan Tiongkok? Jawab: Hal ini dikarenakan letak geografis negara Vietnam yang berbatasan dengan Tiongkok. Enggak hanya itu saja, negara ini juga pernah dikuasai eh Tiongkok selama 1000 tahun yang membuat Vietnam dapat dipengaruhi oleh kebudayaan Tiongkok. Nah, itu dia pembahasan materi tematik kelas 6 SD tema 8 yaitu membahas tentang negara Vietnam yang dipengaruhi oleh kebudayaan Tiongkok.

Baca Juga: Materi Kelas 6 SD: Kenapa Thailand Dijuluki sebagai Negara Lumbung Padi ASEAN?

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.