Find Us On Social Media :

Patut Diwaspadai, Ketahui Gejala Penyakit Tipes hingga Tanda Sembuhnya

Ketahui beberapa gejala penyakit tipes hingga tanda-tanda sembuhnya.

GridKids.id - Tipes atau demam tifoid merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi di saluran pencernaan. Infeksi ini disbebakan oleh bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Para pengidap penyakit tipes biasanya akan merasakan beberapa gejala.

Lalu, apa saja gejala penyakit tipes yang perlu diwaspadai? Kenali beberapa tanda awal penyakit tipes hingga sembuh dari tipes. Gejala Penyakit Tipes Berikut adalah tanda atau gejala penyakit tipes, yaitu: 1. Sakit kepala

2. Nyeri otot

Baca Juga: Jangan Diabaikan Lagi, Kenali 5 Tanda Awal Gejala Diabetes yang Jarang Disadari

3. Demam, terutama di malam hari 4. Susah tidur 5. Enggak ada selera makan

6. Susah tidur 7. Mual dan muntah 8. Bau mulut 9. Bibir kering dan pecah-pecah 10. Lidah putih di bagian tepi dan ujungnya kemerahan 11. Sakit perut di bagian ulu hatiBaca Juga: Sering Dianggap Masuk Angin, Ternyata Inilah Sederet Gejala Omicron yang Disepelekan

12. Sembelit di awal dan disusul diare 13. Terkadang muncul ruam di perut bagian atas dan beruntusan di kulit.Setelah mengetahui gejala atau tanda-tanda dari penyakit tipes, berikut adalah tanda tipes mulai sembuh yang perlu diketahui, yaitu: 1. Suhu tubuh yang naik jadi mulai turun dengan stabil dan enggak demam lagi. 2. Sakit kepala dan sakit pada badan jadi berkurang. 3. Badan jadi enggak lemas lagi dan mulai ada tenaga. 4. Sakit perut, diare, atau sembelit sembuh. 5. Selera makan yang hilang mulai membaik. 6. Ruam pada kukit enggak muncul lagi.

Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Alami Gejala Alergi, Mulai dari Ruam hingga Rasa Gatal

Enggak hanya harus mengamati beberapa tanda di atas saja, jika ingin memastikan sembuh atau belum, lakukanlah pemeriksaan fisik ke dokter untuk dideteksi penyakit tipes. Itulah beberapa gejala awal atau tanda penyakit tipes hingga tanda-tanda sembuhnya yang penting diketahui sejak dini.

Baca Juga: Long COVID pada Varian Omicron Belum Dapat Dipastikan, Begini Penjelasan dan Faktor Penyebabnya

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.